Sukses

Ini 6 Kebiasan yang Harus Anda Hentikan Saat Memasak

6 kebiasaan ini harus dihentikan saat memasak. Mengapa?

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian besar orang, khususnya kaum wanita, memasak sudah menjadi bagian dalam aktivitas sehari-hari. Namun, tak jarang ada saja yang masih boros dalam memasak. Masakan gosong, terlalu banyak bahan, dan rasa yang tidak sesuai misalnya, tanpa disadari menjadi sumber keborosan Anda dalam memasak.

Seperti dilansir dari goodhusekeeping.com, Senin (15/2/2016), berikut beberapa kebiasaan saat memasak yang harus Anda hentikan agar tidak menjadi sumber pemborosan, baik pemborosan tenaga maupun uang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak punya perencanaan saat memasak

1. Tidak punya perencanaan saat memasak

Tidak punya perencanaan saat memasak (sumber. mnn.com)
Menurut salah food editor Goodhousekeeping, Sherry Rujikarn sebagian besar orang cenderung tidak memiliki rencana apa yang akan dimasak. Selain itu, kebiasaan menyalakan kompor sebelum mereka mempersiapkan bahan-bahan masakan merupakan perilaku pemborosan yang harus dihindari.

2. Memotong dengan pisau tumpul

Wanita memotong dengan pisau tumpul (Sumber. mnn.com)
Perilaku ini memang tergolong klasik dalam memasak. Malas untuk memeriksa ketajaman pisau untuk memotong bahan masakan hanya akan membuang energi. Belum lagi jika Anda sedang berusaha keras memotong bahan makanan dengan pisau tumpul bisa mengancam jari sendiri.

3 dari 4 halaman

Mengganti bahan makanan yang tidak sesuai dengan resep

3. Mengganti bahan makanan yang tidak sesuai dengan resep

Bahan makanan
Biasanya hal ini terjadi ketika Anda sedang ingin membuat kue. Jika dalam proses membuat kue terjadi kekurangan atau bahkan ketiadaan bahan, jangan terlalu kreatif untuk menggantinya dengan yang lain. Jika hal tersebut Anda lakukan, sudah pasti hasil akhirnya akan berbeda. Bisa jadi malah menghasilkan rasa yang tidak enak.

4. Terlalu banyak menggunakan bumbu kaldu

Terlalu banyak menggunakan kaldu (sumber. food52.com)
Ketergantungan menggunakan bumbu penyedap yang berbahan dasar kaldu akan membuat lidah Anda menjadi tak terlatih mengindentifikasi rasa. Selain itu terlalu banyak tidak menyehatkan karena mengandung pengawet dan penyedap.

4 dari 4 halaman

Tidak mencoba rasa masakan Anda sendiri

5. Tidak mencoba rasa masakan Anda sendiri

Cicip makanan (sumber. xfinity.com)
Juru masak yang handal pun masih menyicipi masakannya sebelum dihidangkan. Hal tersebut bertujuan mengukur ketepatan rasa sesuai dengan rencana atau belum. Namun, tak jarang masih banyak orang yang enggan atau bahkan lupa menyicip masakan mereka sebelum dihidangkan. Alhasil jika masakan tersebut tidak enak, Anda akan merugi karena tidak ada yang makan.

6. Meletakan bahan susu dengan tidak tepat

Meletakan bahan susu dengan tidak tepat (sumber. www.cbc.ca)
Jangan meletakkan bahan makanan seperti susu, yogurt, dan mentega di pintu kulkas. Pasalnya daerah itu merupakan wilayah yang paling hangat dan berpotensi mempercepat kerusakan bahan makanan tersebut. Simpanlah bahan makanan sesuai suhu anjuran yang terdapat dalam kemasan sehingga tidak mudah untuk cepat busuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.