Sukses

5 Tips Sewa Mobil saat Liburan ke Luar Negeri

Liburan ke luar negeri perlu perencanaan matang, salah satunya menyiapkan transportasi selama di tempat tujuan.

Liputan6.com, Jakarta Liburan ke luar negeri biasanya memerlukan perencanaan yang cukup rinci, khususnya dalam hal transportasi di negara tersebut. Para pelancong awam biasanya memillih kendaraan umum atau jalan kaki untuk menjelajah negara yang mereka kunjungi

Selain itu, jika liburan dengan kelompok, seperti keluarga, teman, atau sahabat, menyewa mobil bisa jadi alternatif pilihan transportasi. Menyewa kendaraan lebih fleksibel dalam menjalani mobilitas ni negara tersebut, khususnya yang berencana tinggal dalam jangka waktu tertentu.

Namun, sayangnya tak jarang dari mereka yang mengetahui langkah-langkah untuk menyewa kendaraan ketika liburan ke luar negeri. Seperti dilanir dari usatoday.com dan progressive.com pada Senin (15/2/2016), berikut tips bagi Anda yang ingin menyewa kendaraan ketika berlibur di luar negeri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

International Driver's Permitt (IDP) atau Sim Internasional

1. International Driver's Permitt (IDP) atau SIM Internasional

Sim Internasional (sumber. www.international-license.com)
Bila Anda memiliki Sim internasional, proses penyewaan mobil di luar negeri akan lebih mudah. Namun, jika tidak, pastikan negara yang dituju tak terlalu mempermasalahkan Sim internasional. Biasanya negara-negara yang menggunakan bahasa inggris dala kesehariannya tidak terlalu mempermasalahkan kepemilikian Sim internasional. Lagipula, pihak kantor penyewaan mobil akan memberitahu Anda jika memerlukan Sim internasional.

3 dari 6 halaman

Cari tempat sewa mobil

2. Cari tempat sewa mobil

Enterprise salah satu perusahaan sewa mobil di luar negeri (sumber. enterprise.co.uk)
Carilah informasi tentang agen penyewaan mobil di negara yang akan Anda kunjungi. Lokasi paling memungkinkan untuk Anda menyewa mobil adalah di bandara. Beberapa contoh lembaga penyewaan mobil di Amerika Serikat, seperti Hertz dan Enterprise. Selain itu, lembaga penyewaan mobil di luar negeri yang cukup dikenal sebagai Auto Europe dan Europcar.

4 dari 6 halaman

Pemesanan mobil sewa

3. Pemesanan mobil sewa

Penyewaan mobil dengan jalur online (sumber. fareoair.com)
Cara untuk memesan mobil sewaan bisa dilakukan dalam dua cara, yaitu langsung dan online. Jika Anda memiliki nomor telepon kantor penyewaan tersebut, bisa langsung mengubunginnya. Sebagian besar agen sewa mobil di luar negeri hanya menerima kartu kredit untuk proses penyewaan.

5 dari 6 halaman

Konsultasikan perihal asuransi mobil yang akan Anda sewa

4. Konsultasikan perihal asuransi mobil yang akan Anda sewa

Asuransi mobil yang akan Anda sewa (sumber. thepointsguy.com)
Sebagian besar kartu kredit travel biasanya memiliki fitur asuransi penyewaan kendaraan. Sebelum memutuskan untuk menyewa mobil di luar negeri, pastikan kartu kredit yang Anda punya memiliki fitur asuransi tersebut. Namun, jika Anda tidak memilikinya, agen penyewaan mobil biasanya menawarkan fasilitas asuransi.

6 dari 6 halaman

Ketahui dan patuhi aturan lalu lintas di negara tersebut

5. Ketahui dan patuhi aturan lalu lintas di negara tersebut

Rambu lalu lintas (sumber. moon.com)
Jauh sebelum Anda berniat untuk menyewa kendaraan, ketahui aturan lalu lintas yang berlaku di negara tersebut. Setelah itu patuhi setiap aturannya dan tak lupa untuk mengetahui area perbatasan yang boleh atau tidak dilewati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.