Sukses

Cara Praktis Buat Ruang Makan Lebih Segar

Tren dekorasi ruang makan semakin berkembang dari waktu ke waktu sehingga perlu perubahan area makan keluarga di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Ruang makan adalah ruang paling menyenangkan untuk berkumpul bersama keluarga. Dimulai dari sarapan pagi sampai dengan makan malam, banyak cerita dan memori indah yang tersimpan di ruangan yang satu ini.

Namun seiring berjalannya waktu, beberapa detil furnitur di area makan tak lagi sedap dipandang. Bisa karena guratan di meja atau noda yang menempel di bantal kursi.

Sementara itu bagi mereka yang membeli rumah baru, dekorasi dinding yang terlihat datar membuat pemilik rumah ingin memberikan sentuhan berbeda. Nah, jika Anda hendak merenovasi area makan keluarga di rumah, simak beberapa elemen penting berikut, dikutip dari hgtv.com dan Rumah.com seperti ditulis Sabtu (13/2/2016). Dijamin waktu santap saji menjadi lebih menyenangkan layaknya makan di restoran.

Kombinasi nuansa warna

Satu warna cat dinding hanya akan memberikan kesan membosankan di ruang makan Anda. Oleh karena itu, coba tentukan tiga palet senada untuk dikombinasikan sebagai warna cat.

Sebagai contoh gambar di atas awalnya hanya didominasi warna abu-abu dan putih terlihat lebih pop dengan adanya sentuhan warna biru turkis di bagian plafon. Jangan takut berkreasi memilih warna cerah untuk menghasilkan kesan kontras.

Cat dinding

Beri daya tarik ruang makan Anda dengan menambah beberapa pola pada dinding. Sebagai contoh, ruang makan yang satu ini memiliki cat berpola garis-garis. Cara ini ampuh menghemat anggaran jika Anda hendak memanfaatkan sisa cat dari renovasi ruang yang lain.

Ubah lampu

Ciptakan nuansa modern pada area makan Anda dengan lampu bergaya industrial seperti contoh di atas. Untuk membuatnya seimbang, kombinasikan dengan perabot bernuansa natural seperti satu set meja makan kayu kayuan berikut ini.

Tambahkan sarung bantal

Bosan melihat motif sofa meja makan Anda tapi malas mengganti cover dengan yang baru? Mudah saja, cukup memasang sarung kursi yang senada dengan tema yang ingin Anda buat. Contoh di atas terlihat lebih berkelas dengan sarung bantal custom yang berbentuk huruf monogram.

Memamerkan koleksi Anda

Buat ciri khas ruang makan Anda dengan memajang beberapa koleksi piring dan peralatan makan favorit Anda. Entah itu koleksi keramik hias atau peralatan makan antik khas Tiongkok. Contoh di atas adalah rak kaca berisi satu set peralatan makan vintage bernuansa biru.

Ciptakan langit-langit yang memesona

Untuk meninggalkan kesan tak terlupakan, langit-langit ruangan adalah poin utama yang perlu Anda perhatikan. Tak harus memiliki ketinggian khusus, Anda bisa menyulapnya terlihat memukau dengan desain handmade. Sebagai contoh corak tradisional yang dibuat dari karya seni yang dibuat di plafon.

Pencahayaan maksimal

Jika Anda memiliki anggaran lebih, tidak ada salahnya memberi kesan mewah pada area makan Anda dengan memajang lampu gantung kristal. Gaya kontemporer ini secara instan bisa mengubah meja makan Anda menjadi lebih terang dan cerah.

Kursi eklektik

Ingin nuansa berbeda pada meja makan? Mengapa tidak membuat set meja layaknya restoran kasual bergaya eklektik seperti contoh diatas. Buat suasana nyaman dan lebih bersahabat dengan pilihan sofa dan bantal yang empuk di meja makan.

Berani kreatif

Buat ruang meja makan Anda lebih tegas dengan pemilihan warna yang saling melengkapi seperti merah jambu dan hijau. Meja makan ini adalah hasil desain Shelly Riehl David, yang dilengkapi oleh warna cerah, kain bermotif, sampai dengan pemilihan warna yang kontras antara credenza cokelat dan lampu meja prasmanan berwarna biru yang menciptakan gaya kreatif.

Ganti wallpaper

Pilihan motif wallpaper kini telah beralih dari warna netral menjadi lebih pop. Tren motif wallpaper belakangan ini lebih bervariatif seperti motif bunga-bunga sampai grafis keren. Sebagai contoh cetakan geometris berikut ini yang didesain oleh Brian Patrick Flynn.

Foto: Pixabay  

 

(Isnaini K/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.