Sukses

5 Rutinitas yang Tanpa Disadari Bikin Kulit Cepat Tua

Ini lima hal yang dapat menyebakan kulit Anda menjadi lebih tua.

Liputan6.com, Jakarta Kulit merupakan bagian tubuh yang sensitif dan mudah mengalami penuaan. Munculnya keriput dan noda hitam pada kulit dapat diartikan sebagai indikator kulit Anda mulai menua. Bahkan hal ini terjadi pada usia yang terbilang masih muda. Jika Anda merasa mengalami tanda-tanda penuaan ini, mungkin Anda perlu untuk menghindari beberapa kebiasaan yang menyebabkan munculnya keriput di wajah. Mulai dari polusi dan pola hidup urban dapat membuat kulit Anda menjadi tua dengan cepat.

Seperti melansir dari situs Boldsky, Selasa (9/2/2016), berikut beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat kulit Anda menua lebih cepat. Ketahui lima hal ini untuk menghindarinya.

1. Mencuci Wajah Terlalu Sering

Mencuci wajah memang dapat membuat kulit Anda tampak lebih bercahaya sehat terawat. Namun melakukannya terlalu sering dapat menyebabkan kulit kering. Sehingga kulit Anda akan mudah kusam dan menyebabkan keriput. Minyak yang berfungsi melembabkan kulit Anda juga tergerus habis sehingga membuat kulit lebih mudah menua.

2. Peregangan kulit

Menerapkan rutinitas penggunaan produk makeup dapat membuat peregangan pada kulit. Seperti halnya Anda menggunakan foudation dan alat makeup lainnya. Peregangan ini dapat menyebabkan keriput. Hindari merias wajah Anda dengan produk berkandungan berat dan tebal karena mengakibatkan peregangan yang maksimal pada wajah dan menyebabkan munculnya keriput dengan mudah.

3. Minum dengan Sedotan

Ketika Anda minum dengan sedotan akan membuat otot-otot wajah Anda bekerja terlalu keras. Hal ini dapat menyebabkan munculnya keriput pada wajah Anda secara detail. Terlebih pada bagian mata dan di sekitar mulut. Minumlah air menggunakan gelas secara perlahan agar keriput di area bibir tidak lekas bertambah banyak.

4. Kurang Tidur

Waktu tidur yang normal adalah delapan jam sehari. Kurangnya waktu tidur dapat berpengaruh pada kecantikan kulit Anda. Saat tidur kulit melakukan pembaharuan sehingga membuat kulit segar kembali. Jika waktu tidur anda tidak cukup, kulit tidak akan diperbaharui dan menjadi mudah muncul keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya. Selain itu jika Anda kurang tidur hormon stres juga akan meningkat sehingga kulit Anda menjadi lebih tua.

5. Tidak Minum Air yang Cukup

Air dapat membuat kulit Anda bersinar dan lebih muda karena racun yang dikeluarkan dari kulit. Anda disarankan untuk minum air yang cukup terutama pada siang hari. Jika badan Anda sehat tanpa racun di tubuh, akan berpengaruh pada kulit Anda lebih muda dan jauh dari penuaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.