Sukses

6 Fakta tentang Monopoli yang Bakal Buat Anda Kaget

Monopoli merupakan permainan yang melegenda dan populer di dunia. Berikut ini 6 fakta tentang monopoli yang bisa buat Anda kaget.

Liputan6.com, Jakarta Monopoli merupakan salah satu permainan yang populer hampir di seluruh belahan dunia. Permainan yang mengasah kemampuan Anda di bidang ekonomi ini tak hanya diganderungi anak kecil, tetapi juga orang dewasa.

Bahkan di beberapa negara, permainan ini memiliki beragam versi yang disesuaikan dengan budaya di daerah tersebut. Namun, ada beberapa fakta dari permainan ini yang Anda mungkin belum ketahui.

Permainan monopoli. (dok. istimewa)

Seperti dilansir dari Goodhousekeeping.com pada Kamis (4/2/2016), berikut beberapa fakta menarik tentang monopoli yang bakal buat Anda terkejut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Permainan ini ditemukan oleh Charles Darrow

1. Permainan ini ditemukan oleh Charles Darrow

Permainan Monopoli ditemukan oleh Charles Darrow (sumber pabook2.libraries.psu.edu)
Permainan yang mengasah kemampuan ekonomi Anda ini ditemukan oleh Charles Darrow pada tahun 1933. Namun, permainan ini muncul juga atas jasa perusahaan mainan Parker Brothers tak memenangkan konsep Charles Darrow.

2. Darrow mencuri ide permainan dari seorang perempuan

Monopoli (sumber. Goodhousekeeping.com)
Sebuah ide terkadang tak selamanya asli dari penemunya. Bisa saja ide tersebut terinspirasi atau bahkan dicuri dari seseorang. Permainan Monopoli yang diciptakan Darrow ternyata berasal dari seorang wanita bernama Elizabeth Maggie. Elizabeth merancang permainan tersebut pada tahun 1903 karena sistem monopoli yang berkuasa pada masa tersebut.

3 dari 4 halaman

Parker Brothers sebenarnya menolak permainan tersebut

3. Parker Brothers sebenarnya menolak permainan tersebut

Parker Brothers sebenarnya sempat menolak permainan Monopoli (sumber. museumofplay.org)
Pada awalnya, Parker Brothers tidak menerima konsep permainan tersebut dan malah menolaknya. Hal tersebut dikarenakan adanya sekitar 52 kesalahan mendasar pada permainan tersebut mulai dari tema, lama bermain, dan kompleksitasnya.

4. Properti yang terdapat pada permainan tersebut berdasarkan nama asli Kota Atlantik

Kota Atlantik (sumber, goodhousekeeping.com)
Nama tempat di permainan Monopoli pertama diambil dari lokasi asli di Kota Atlantik. Namun, seiring perkembangan zaman dan banyaknya modifikasi pada permainan tersebut, nama-nama tempatnya sudah tidak seperti aslinya.

4 dari 4 halaman

Ikon Monopoli disinyalir adalah J.P. Morgan

5. Ikon Monopoli disinyalir adalah J.P. Morgan

Ikon Monopoli (sumber vinville.wordpress.com)
J.P. Morgan merupakan orang yang memiliki pengaruh besar di Amerika Serikat pada masa itu. Ia membantu menemukan perusahaan besi Amerika Serikat. Oleh karena pengaruhnya tersebut, J.P Morgan disinyalir sebagai ikon dari Monopoli, yaitu pria berkumis, mengenakan topi, jas, dan memegang tongkat.

6. Pada peluncuran perdana, Monopoli dijual seharga 2 Dolar AS

Monopoli (sumber. Goodhousekeeping.com)
Kini harga Monopoli dibanderol dengan harga 18 dolar AS atau sekitar Rp 243 ribu sampai paling mahal 500 dolar AS atau Rp 6,7 juta. Awalnya, permainan ini dihargai hanya 2 dolar AS atau sekitar Rp 27 ribu. Pembuat perhiasan asal San Fransisco merilis Monopoli dengan model legenda seharga 2 juta dolar AS atau sekitar Rp 27,1 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.