Sukses

Begini Cara Menikmati Perayaan Imlek 2016 di Semarang

Sambut Imlek 2016, beberapa lokasi wisata dan hotel di Semarang menawarkan sesuatu yang spesial.

Liputan6.com, Semarang 8 Februari 2016 menjadi salah satu hari yang ditunggu masyarakat dunia, terutama oleh warga keturunan Tionghoa. Pasalnya, tanggal tersebut bertepatan dengan jatuhnya Imlek 2016 atau Tahun Baru Cina 2567.

Namun, Imlek tak hanya menjadi milik warga Tionghoa atau keturunan Tionghoa saja. Warga yang bukan berasal dari keturunan Tionghoa pun senang dengan datangnya Tahun Baru Cina ini karena bersamaan dengan datangnya hari libur nasional. Tentunya akan banyak wisatawan, tak hanya keturunan Tionghoa saja yang memanfaatkan libur Tahun Baru Cina tersebut untuk berlibur.

Liburan bertepatan dengan Imlek tentu membuat wisatawan dapat melihat berbagai pertunjukan atraksi khas perayaan kaum Tionghoa. Jika memang Anda menginginkan liburan dengan nuansa Imlek, Semarang yang menjadi salah satu basis warga keturunan Tionghoa di Jawa Tengah dapat menjadi tujuan Anda.

Kerap menjadi tujuan berlibur dan menikmati perayaan Imlek, hotel - hotel di daerah Semarang tak luput dari perhatian wisatawan. Tak jarang wisatawan dari Jakarta, Bandung, atau daerah Jawa lainnya menghabiskan liburan di Semarang.

Khusus menyambut Imlek 2016, beberapa hotel di Semarang menawarkan promo spesial yang bisa Anda cek langsung di Traveloka. Misalnya Horison Semarang, hotel ini menawarkan diskon hingga 25 persen untuk periode menginap 27 Januari sampai 30 Juni 2016. Jadi, Anda bisa memilih bermalam di Horison Semarang untuk menekan budget menginap.

Hotel lainnya di Semarang yang menawarkan diskon hingga 25 persen adalah hotel @HOM Semarang. @HOM Semarang menawarkan harga kamar mulai dari Rp 337.500 per malamnya. Diskon ini bisa Anda dapatkan untuk bermalam pada periode 27 Januari sampai 30 Juni 2016.

Banyak alasan yang membuat Semarang jadi tempat yang cocok untuk Anda kunjungi saat mengisi liburan untuk merayakan Imlek. Pasalnya, di Ibu Kota Jawa Tengah ini terdapat Kelenteng Sam Poo Kong yang begitu populer.

Pada hari biasanya, kelenteng yang juga menjadi tempat favorit wisatawan untuk berwisata budaya ini ramai dikunjungi. Apalagi saat bertepatan dengan perayaan Tahun Baru Cina, dipastikan ribuan orang akan silih berganti memenuhi Kelenteng Sam Poo Kong ini.

Untuk menyambut wisatawan, kelenteng ini biasanya menyajikan beragam pertunjukan. Anda bisa melihat atraksi barongsai yang begitu memikat. Selain itu, Anda pun bisa menikmati berbagai ornamen mengenai Imlek yang menghiasai sekitar lingkungan Kelenteng Sam Poo Kong.

Tak hanya di Kelenteng Sam Poo Kong, perayaan Tahun Baru Cina di Semarang juga dipusatkan di kawasan Pecinan di Semarang. Adalah Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata (Kopi Semawis) yang merencanakan perayaan Pasar Semawis untuk menyambut pergantian tahun dalam kalender Cina ini.

Untuk tahun ini, Pasar Semawis digelar pada tanggal 5 sampai 7 Februari 2016. Di sana, Anda bisa menyaksikan berbagai atraksi seperti barongsai maupun wushu. Tak hanya itu, Anda bisa mencicipi aneka jajanan Tionghoa, seperti bakpao, cakwe, aneka mi, maupun kue keranjang di sepanjang Pasar Semawis.

Jadi, untuk merayakan atau mengisi liburan bertepatan dengan Imlek 2016, Semarang menjadi tempat yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi.

(Adv)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.