Sukses

5 Kesalahan Makeup yang Bikin Kulit Gelap dan Kusam

Kesalahan makeup membuat kulit wajah terlihat kusam, bahkan seperti topeng karena terlalu putih.

Liputan6.com, Jakarta Dengan bantuan make up, warna kulit gelap bisa terlihat lebih berkilau dan merona cantik. Namun, tidak semua warna make up cocok untuk dikenakan kulit gelap. Sebab, kesalahan memilih make up akan membuatnya terlihat kusam, bahkan seperti topeng karena terlalu putih.

Shafira Umm, presenter yang memiliki kulit gelap, memberikan tips ber-make up bagi pemilik kulit ini. Berikut kesalahan make up yang perlu dihindari orang berkulit gelap seperti yang dituturkan Shafira kepada Liputan6.com, pekan lalu di Jakarta.

1. Foundation yang tidak sewarna dengan kulit
Pemilihan foundation yang terlalu gelap akan membuat kulit kusam. Namun, jika warnanya terlalu terang kulit akan terlihat seperti menggunakan topeng. Karena itu, pemilihan warna foundation perlu diperhatikan. Jika akan membeli kosmetik, pastikan Anda mencobanya supaya cocok dengan warna kulit Anda.

2. Bedak terlalu gelap
Sama seperti foundation, bedak juga sangat mempengaruhi kecerahan kulit. Menurut Shafira, warna bedak pun harus disesuaikan dengan warna kulit supaya make up terlihat alami. Namun, Anda juga bisa menggunakan warna bedak tabur untuk finishing satu tingkat di atas warna kulit supaya wajah terlihat lebih cerah.

3. Tidak memakai bronzer
Shafira mengatakan, produk make up ini penting untuk mengeluarkan warna kulit gelap. Dengan menggunakan bronzer, kulit gelap akan semakin terlihat berkilau cantik. Namun, hati-hati dalam memilih bronzer. Jangan pilih yang berwarna cokelat atau terlalu muda. Sebaiknya, Anda memilih warna keemasan yang mampu membuat kulit menjadi glowing.

4. Eye shadow berwarna merah dan turunannya
Bagian mata pemilik kulit gelap pun biasanya berwarna lebih gelap. Karena itu pemilihan eye shadow harus disesuaikan. Pemilihan warna merah, oranye, dan turunannya akan membuat warna mata lebih gelap. Namun, warna eye shadow yang lebih cerah seperti emas, biru, dan ungu justru akan membuatnya lebih unik dan seksi.

5. Lipstik warna nude
Warna lipstik nude akan membuat kulit gelap terlihat pucat. Jika ingin berdandan natural, pilihlah warna nude yang cenderung ke peach. Atau Anda juga mengaplikasikan lip gloss yang membuatnya lebih berkilau.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini