Sukses

5 Keuntungan Booking Hotel via Online yang Sering Disepelekan

Dengan booking hotel via online travel agent, Anda bisa dapat diskon kamar dan tak perlu was - was kehabisan kamar hotel.

Liputan6.com, Jakarta Anda hobi traveling? Jika iya, pasti sudah terbiasa dengan segala persiapannya, mulai dari booking atau pesan tiket pesawat, membaca tips packing cerdas hingga semua perintilannya. Memesan tiket pesawat tentunya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, bagaimana dengan kamar hotel?

Bagi Anda yang tak memiliki banyak waktu untuk booking kamar hotel dengan menelepon atau datang langsung untuk membuat reservasi, Anda bisa mengandalkan Online Travel Agent (OTA). Saat ini, telah hadir banyak OTA yang memberikan kemudahan bagi konsumennya dalam pemesanan kamar hotel. Namun, masih ada beberapa masyarakat yang belum sepenuhnya memanfaatkan layanan dari OTA.

Berikut 5 keuntungan booking hotel via Online Travel Agent yang dirangkum oleh Traveloka:

1. Kapan pun dan di mana pun bisa booking

Namanya saja pemesanan berbasis online, tentu saja Anda bisa melakukan pemesanan dari mana saja selama perangkat dan jaringan internet memadai. Perangkat yang diperlukan pun semakin memudahkan konsumen. Jika sebelumnya Anda harus bergantung pada laptop atau komputer saat ingin terhubung dengan internet, sekarang Anda bisa dengan mudah mengakses lewat smartphone.

Salah satu aplikasi pemesanan hotel yang bisa Anda install di smartphone adalah Traveloka App. Anda bisa melakukan pencarian sampai dengan memilih metode pembayaran dengan cara yang sangat mudah. Yang lebih menarik lagi, Anda tidak perlu mencetak voucher hotel. Cukup tunjukkan saja e-voucher dari Traveloka App saat check-in, dan Anda sudah bisa masuk ke kamar.

Selanjutnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1

2. Segudang promo yang bisa menyelamatkan dompet Anda

Menjamurnya bisnis Online Travel Agent ini membuat persaingan pun semakin ketat. Persaingan ini memberi keuntungan tersendiri bagi konsumen karena artinya, OTA akan berebut perhatian konsumen dengan memberikan banyak promo menarik.

Saat-saat terbaik untuk mendapatkan promo adalah pada waktu high season seperti Lebaran, Natal, Imlek, dan liburan sekolah. Pada saat tersebut, hampir semua OTA akan membanjiri konsumennya dengan berbagai promo menarik, mulai dari diskon spesial, cicilan 0%, sampai kontes berhadiah menginap di hotel mewah.

Agar tak ketinggalan informasi penting ini, Anda harus rajin mengikuti jejaring sosial atau berlangganan newsletter OTA. Selain itu, mengikuti jejaring sosial bank tempat Anda menjadi nasabah juga bisa menjadi pilihan karena informasi tentang promo ini seringkali disampaikan oleh bank yang bekerja sama dengan OTA terkait.

3. Review dari tamu sebelumnya sangat membantu Anda saat hendak memilih hotel

Tak sedikit traveler yang merasa kecewa karena hotel tempatnya menginap ternyata jauh dari harapan. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda memilih pesan kamar melalui Online Travel Agent. Umumnya, OTA akan menampilkan review tamu sebelumnya, sehingga Anda memiliki bahan pertimbangan sebelum memilih hotel.

Traveloka merupakan salah satu Online Travel Agent yang menyediakan tampilan review untuk membantu konsumen memilih hotel yang sesuai kebutuhan. Untuk memudahkan penilaian, Anda bisa menggunakan fitur “Sortir” dan pilih kategori “Rating”. Dengan demikian, hasil pencarian Anda akan diurutkan mulai dari hotel dengan rating tinggi ke rendah.

Selanjutnya...

3 dari 3 halaman

2

4. Risiko kehabisan kamar sangat kecil

Pada pemesanan hotel dengan cara walk-in (langsung datang ke hotel tanpa melakukan reservasi terlebih dahulu), Anda tidak punya informasi apakah masih tersedia kamar yang bisa ditempati atau tidak. Bayangkan jika Anda sudah repot-repot membawa banyak barang ke hotel dan ternyata tidak tersedia kamar lagi, menyebalkan bukan?

Hal buruk seperti ini bisa Anda hindari jika melakukan pemesanan melalui Online Travel Agent. Saat melakukan pencarian hotel di kota destinasi Anda, sistem secara otomatis hanya akan menampilkan daftar hotel yang masih memiliki kamar tersisa atau jika tidak, akan terdapat keterangan apakah masih tersedia kamar atau tidak pada hari yang Anda tetapkan.

5. Dapat potongan harga tiket pesawat jika memilih OTA yang tepat

Ingin lebih menghemat waktu? Anda bisa memilih booking atau pesan hotel dan tiket pesawat dalam satu OTA yang sama. Tentunya ini bisa sangat menghemat waktu Anda karena tidak harus mengecek agen-agen penjualan tiket pesawat dan hotel yang berbeda. Sudah banyak OTA yang yang menyediakan dua layanan ini dalam satu tempat, termasuk Traveloka.

Selain menghemat waktu karena bisa melakukan pemesanan di satu tempat, ternyata penyediaan dua layanan dalam satu OTA ini juga bisa menghemat biaya. Bagaimana bisa? Tak jarang, OTA memberlakukan sistem cross selling, artinya konsumen bisa mendapatkan potongan harga tiket pesawat jika memesan hotel dengan minimum transaksi yang telah ditetapkan, dan sebaliknya.

Mengandalkan OTA dalam booking kamar hotel nyatanya sangat menguntungkan bagi konsumen. Tak hanya bisa menghemat waktu karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, tapi juga bisa menghindarkan Anda dari kehabisan kamar saat high season dan kejadian menyebalkan lainnya.

Kalau ada cara yang mudah dan menguntungkan, mengapa pilih yang sulit dan memberatkan?

(Adv)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.