Sukses

6 Bangunan di Indonesia yang Mirip dengan Bangunan di Luar Negeri

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, karena Indonesia juga punya bangunan-bangunan ini.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki sejuta keistimewaan yang tak bisa ditandingi negara lain. Selain kaya akan seni dan budayanya yang adiluhung, Indonesia juga memiliki keindahan alam yang luar biasa. Tak hanya itu, bahkan beberapa bangunan yang dimiliki Indonesia juga memiliki kemiripan dengan yang ada di luar negeri.

Sengaja atau tidak disengaja, ternyata Indonesia memiliki berbagai bangunan yang mirip dengan yang ada di luar negeri, mulai dari Menara Eiffel di Perancis hingga Golden Gate di San Fransisco. Jadi, tak perlu jauh-jauh pergi ke luar, karena di Indonesia pun ada.

Berikut 6 bangunan milik Indonesia yang mirip dengan yang ada di luar negeri, seperti disusun Liputan6.com, Selasa (2/1/2016).

1. Simpang Lima Gumul, Kediri dan L’arch de Triomphe di Perancis

foto: aininia37.wordpress.com

foto: graceandbradley

Jika Anda melancong ke Jawa Timur, jangan lupa untuk singgah ke Desa Tugurejo, Kabupaten Kediri. Pasalnya di lokasi ini terdapat bangunan yang mirip dengan L’arch de Triomphe yang ada di Perancis, masyarakat sekitar menyebutnya dengan Simpang Lima Gumul.

Menurut data yang diperoleh dari situs resmi Kabupaten Kediri, Simpang Lima Gumul memiliki luas bangunan mencapai 804 meter persegi dan memiliki tinggi mencapai 28 meter. Dengan tinggi tersebut, tiap orang bisa menyaksikan panorama Kota kediri yang memesona dari atapnya. Sisi lain bangunan ini juga dilengkapi dengan relief sejarah yang menceritakan tentang sejarah Kediri dan budaya yang melingkupinya. 

2. Menara Keagungan Limboto, Gorontalo dan Menara Eiffel di Perancis

Menara Keagungan Limboto yang ada di Gorontalo sepintas mirip dengan Menara Eiffel yang ada di Perancis.

Entah disengaja atau tidak, Menara Keagungan Limboto yang ada Gorontalo ini sekilas mirip dengan menara Eiffel. Dibangun sejak 2002, bangunan menara ini memiliki tinggi hingga 65 meter dan lebar 21 meter. Memiliki 5 lantai, tiap orang yang berkunjung bisa menyaksikan keindahan Kota Gorontalo dari puncak menara.

Mengingat lokasinya yang mudah diakses dari segala penjuru kota, Menara Keagungan Limboto menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Jadi tak perlu jauh-jauh ke Perancis hanya untuk melihat Menara Eiffel, karena di tanah air pun ada.

3. Jembatan Ampera, Palembang dan Golden Gate Bridge di San Fransisco

Jembatan Ampera.

 Jembatan Golden Gate di San Fransisco, Amerika Serikat | via: ultracurioso.com.br

Jika Amerika memiliki jembatan semegah Golden Gate Bridge, maka Indonesia memiliki Jembatan Ampera yang memukau. Ide pembangunan jembatan ini sebenarnya sudah ada sejak 1906, namun realisasi pembangunannya baru berjalan pada 1957. Meski Golden Gate Bridge memiliki panjang dua kali lipat dari Jembatan Ampera, namun jika disandingkan, kedua jembatan ini memiliki bentuk yang serupa.

Menjadi simbol akan kebesaran Kota Palembang, Jembatan Ampera memiliki keunikannya tersendiri. Jembatan ini dahulu mempunyai kemampuan untuk membelah, yang difungsikan untuk memberi kesempatan bagi perahu yang ingin melintas.

4. Jam Gadang di Bukittinggi dan Big Ben di London

Jam Gadang dan Big Ben sepintas memiliki kesamaan bentuk.

Simbol khas Sumatera Barat yang juga menjadi landmark bagi Kota Bukittinggi ini sepintas mirip dengan bangunan legendaris Big Ben di London, Inggris. Menurut informasi yang dikutip dari situs resmi Pemkot Bukittinggi, Jam Gadang dibangun pada 1926 oleh arsitek bernama Yazin dan Sutan Gigi Ameh.

Dari atas menara Jam Gadang, para wisawatan bisa melihat panorama Kota Bukittinggi berupa hamparan lembah yang menawan. Maka tak heran jika wisatawan yang melancong ke Sumatera Barat selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke Jam Gadang dan berfoto layaknya sedang berada di Big Ben, Inggris.

5. Patung Yesus Kristus di Burake, Toraja dan Rio de Janeiro di Brazil

Toraja memiliki patung Yesus terbesar di dunia mengalahkan patung serupa yang ada di Rio Dejaneiro, Brazil.

Sejak diresmikan berdiri pada akhir Agustus 2015 oleh bupati Tana Toraja, Theofilius Allorerung, Patung Yesus Kristus di Tana Toraja ini makin banyak dikunjungi wisatawan. Memiliki tinggi bangunan mencapai 40 meter yang didirikan di kawasan bukit Burake, patung Yesus ini memiliki kemiripan dengan patung serupa yang ada Rio de Janeiro, Brazil. Meski mirip, Indonesia patut berbangga, pasalnya patung Yesus Kristus di Tana Toraja ini diklaim sebagai patung Yesus tertinggi yang pernah ada di dunia.

6. Kantor Kementerian Pertanian di Jakarta dan Louvre di Perancis

foto: Poskantor

Pengamanan Louvre di Paris setelah sempat ditutup pada Sabtu karena serangan ISIS. (BBC)

Tak perlu jauh-jauh ke Perancis untuk bisa menikmati pemandangan kota yang menawan. Pasalnya di Ibukota Jakarta, tiap orang juga bisa melihat bangunan piramid ala Louvre yang ada di Kota Paris. Bangunan piramid kaca yang sepintas mirip Louvre ini berlokasi di Jalan Harsono, Jakarta Selatan. Difungsikan sebagai Pusat Informasi Agribisnis, bangunan ini memiliki pemandangan yang menarik karena dikelilingi oleh kolam dan bunga-bunga yang cantik. Saat akhir pekan, bangunan piramid kaca ini kerap dikunjungi banyak orang. Dilengkapi dengan taman kota, berkunjung ke piramid kaca ini bagaikan melihat kemegahan Louvre dari dekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini