Sukses

Ini Manfaat Rahasia Minyak Kelapa yang Perlu Anda Ketahui

Selain untuk keperluan dapur, minyak kelapa juga memiliki banyak manfaat lainnya yang tak terduga.

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi jika minyak kelapa memiliki banyak manfaat dalam kehidupan. Bukan hanya untuk keperluan dapur, minyak yang bersifat anti-bakteri ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, perawatan kecantikan, bahkan untuk perawatan hewan peliharaan Anda.

Seperti diungkap situs onegreenplanet, Rabu (27/1/2016), berdasarkan penelitian, minyak kepala memiliki sifat anti-mikroba yang bisa menggantikan banyak bahan kimia dalam kehidupan manusia. Selain digunakan sebagai keperluan dapur, berikut rahasia manfaat minyak kelapa yang lain.

Pelembab Wajah dan Tubuh
Jika Anda memiliki kulit kering bersisik dan pecah-pecah, Anda perlu coba untuk memanfaatkan khasiat minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung kolagen yang mampu memperkuat jaringan kulit dan mencegahnya dari keriput. Tak perlu takut kulit jadi berminyak, pasalnya minyak kelapa mampu diserap dengan baik oleh kulit dan mampu menembus lapisan kulit terdalam.

Untuk melembabkan wajah dan tubuh, cara menggunakannya sangat mudah. Anda hanya perlu mencapurnya dengan minyak esensial untuk menambah wangi. Setelah tercampur, balurkan pada seluruh tubuh, atau gosokan pada wajah. Minyak kelapa juga cukup lembut untuk digunakan di sekitar mata dan sangat cocok untuk menjaga bibir Anda lembut, halus, dan enak dipandang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Obat Kumur

Obat Kumur
Tahukah Anda jika banyak pasta gigi mengandung zat kimia yang justru membuat gigi menjadi keropos? Jika Anda sudah tahu, inilah saatnya untuk beralih ke zat alami bernama minyak kelapa. Sifat anti-bakteri dan anti-jamur, serta kandungan vitamin E yang ada pada minyak kelapa, membuat minyak ini bisa digunakan sebagai obat kumur alami. Beberapa orang bahkan telah menjadikannya sebagai pasta gigi dengan mencampurnya dengan baking soda. Setelah menggunakannya, rasakan perbedaan yang terjadi pada mulut dan senyum Anda.

3 dari 6 halaman

Penghapus Makeup

Penghapus Makeup
Makeup yang telah dipakai seharian selama aktivitas Anda sudah selayaknya dihapus saat ingin tidur. Namun kebanyakan wanita justru menggunakan bahan-bahan kimiawi untuk menghapusnya. Padahal minyak kelapa bisa digunakan untuk menghapus makeup alami yang aman bagi kulit wajah Anda. Cara menggunakannya pun sederhana, Anda hanya perlu meneteskan minyak kelapa pada kapas, lalu mulailah membersihkan sisa makeup yang menempel pada wajah Anda. Setelah itu lalu bilas dengan air bersih. Untuk sekadar informasi, minyak kelapa bahkan sanggup menghapus maskara tanah air.

4 dari 6 halaman

Kondisioner Rambut

Kondisioner Rambut
Tiap merek kondisioner rambut mengandung minyak kelapa di dalamnya, karena minyak kelapa diyakini mampu menembus lapisan kulit bahkan kulit kepala sekalipun. Tak hanya itu, minyak kelapa yang dipakai rutin pada kulit kepala mampu melembabkan rambut dan mencegahnya dari kerontokan.

5 dari 6 halaman

Menyehatkan Bulu Hewan Kesayangan

Menyehatkan Bulu Hewan Kesayangan
Minyak kelapa ternyata tidak hanya berguna bagi manusia, beberapa hewan kesayangan, seperti anjing dan kucing juga memerlukan minyak kelapa. Sifat anti-bakteri yang dimiliki minyak kelapa, membuatnya berkhasiat untuk menjaga bulu hewan dari kutu dan bakteri. Tak hanya itu, mengoleskan minyak kelapa pada bulu hewan, juga sangat berkhasiat untuk menjaga bulu agar tetap lebat, berkilau, dan bersih.

6 dari 6 halaman

Menyembuhkan Luka

Menyembuhkan Luka
Luka sekecil apapun pada tubuh tentu sangat menyiksa, apalagi luka tersebut akan meninggalkan jejak yang membuat penampilan maksimal Anda jadi berkurang. Namun ada cara alami untuk mengobati luka tanpa khawatir meninggalkan jejak, yaitu menggunakan minyak kelapa.

Minyak kelapa yang mengandung banyak kolagen dipercaya mampu mengobati luka sekaligus membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Tak hanya itu, minyak kelapa juga berkhasiat untuk mencegah infeksi pada luka.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.