Sukses

Inilah Cara Efektif Memulai Usaha

Sebelum memulai usaha di tahun 2016 ini sebaiknya Anda mengetahui cara efektifnya di sini

Liputan6.com, Jakarta “Bagaimana cara memulai usaha?”, “Ada info peluang usaha yang cocok untuk saya?”, “Tolong dong bagi info peluang bisnis!” adalah bentuk pertanyaan dan permintaan yang sering kita dengar.

Namun semua menjadi percuma jika hanya bertanya namun tidak memahami pelajaran dasar dalam berbisnis. Sebab kebanyakan dari menjual apa yang mereka mampu buat, bukan membuat apa yang mampu mereka jual.

Fakta menyatakan bahwa sebagai pebisnis, saat kita memulai usaha, kita harus mencari-cari masalah. Makna mencari-cari masalah di sini tentu bukan membuat onar. Melainkan kita harus mengetahui dan memahami masalah yang ada di pasar terlebih dahulu. Lalu menyediakan solusi yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Inilah jurus dasar dan paling utama dalam berbisnis.

Irwan Suryady (General Manager Ralali.com) memberikan contoh mengenai memahami masalah, lalu memberikan solusi dalam bentuk produk yang tepat adalah sebagai berikut. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa dunia industri di Indonesia dihadapkan pada permasalahan pengadaan produk-produk industri dengan harga tertutup, transaksi di bawah meja, dan birokrasi berbelit.

Dari deskripsi permasalahan tersebut, Irwan berujar bahwa dia bersama Joseph Aditya (CEO Ralali.com) ingin membuat produk yang mampu menjadi solusi dan memenuhi kebutuhan dunia industri di Indonesia. Produk tersebut tentunya harus mampu memenuhi nilai-nilai yang diinginkan para pelaku industri, yaitu efisiensi, transparansi, dan kepercayaan. Ralali.com pun didirikan dengan mengusung nilai-nilai tersebut.

Ralali.com sebagai Business-to-Business (B2B) Online Marketplace diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk memenuhi nilai-nilai konsumen berupa efisiensi, transparansi, dan kepercayaan. Dalam nilai efisiensi, B2B online marketplace yang baik mampu menyediakan beragam pilihan produk industri dalam satu tempat.

Dalam nilai transparansi, peletakan harga masing-masing produk secara terbuka di dalam B2B online marketplace meminimalisir penggelembungan harga dan kemunculan angka ilegal melalui transaksi di bawah meja.

Terakhir dalam nilai kepercayaan, hal tersebut adalah buah dari eksisnya efisiensi dan transparansi dalam transaksi pengadaan produk-produk industri.

Kini Anda sudah mengetahui jurus dasar dan paling utama dalam memulai usaha. Apakah memilih mengikuti idealisme atau realitas, itu hak Anda. Jika Anda tetap memilih idealisme, usahakan agar idealisme tersebut selaras dengan masalah dan kebutuhan pasar.

(Ralali.com)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini