Sukses

9 Tips Sederhana Menghemat Waktu di Pagi Hari

Berikut adalah beberapa tips untuk menghemat waktu dari beberapa aktivitas di pagi hari, yang biasa Anda lakukan.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda bukan jenis orang yang terbiasa untuk mulai beraktivitas di pagi hari, mungkin bangun dan keluar dari rumah pagi-pagi adalah sebuah kegiatan yang membutuhkan kerja keras. Sehingga, waktu yang dibutuhkan untuk bersiap-siap terbilang cukup lama.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghemat waktu dari beberapa aktivitas pagi hari, yang biasa Anda lakukan. Seperti dilansir dari mashable.com, Senin (25/1/2016).

1. Jangan menunda
Mulai saat ini Anda harus berusaha untuk menjauhi tombol 'tunda' pada ponsel Anda. Sebenarnya tidak akan ada perbedaan dengan penundaan waktu selama 10 menit seperti yang biasa Anda lakukan selama ini. Hal ini hanya akan membuat Anda semakin mengantuk pada saat alarm kedua berbunyi.
Biasakan diri Anda untuk langsung bangun dan tinggalkan tempat tidur Anda begitu alarm Anda berbunyi. Hal ini akan membuat hari Anda berjalan dengan lebih mudah.

2. Atur waktu mandi
Biasakan diri Anda untuk mandi lebih cepat untuk menghemat waktu. Anda juga dapat menghemat dengan menggunakan lebih sedikit energi dan air dalam seminggu.

3. Set timer untuk mesin kopi
Jika Anda adalah orang yang harus meminum kopi setiap pagi sebelum beraktivitas, Anda mengatur waktu seduh mesin kopi otomatis Anda di pagi hari, sehingga Anda akan terbangun begitu menghirup aroma kopi yang dihasilkan. Jangan lupa, belilah mesin kopi yang sesuai dengan bujet keuangan Anda.

4. Siapkan pakaian pada malam sebelumnya
Hal ini akan menghemat banyak waktu Anda. Anda tidak perlu lagi bingung dan memilih apa yang harus Anda kenakan pada hari itu, karena Anda telah menyiapkan busana tersebut pada malam sebelumnya. Tidak ada lagi waktu yang terbuang percuma hanya untuk mencocokan aksesori yang akan dipakai dengan pakaian yang Anda pilih.

5. Sarapan mudah
Jangan sekali-kali Anda berani memasak pada waktu seharusnya Anda pergi bekerja. Cobalah untuk membuat sesuatu yang mudah, seperti salad atau sereal yang sehat dan mengenyangkan.
Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk memasak makanan berat pada hari-hari saat Anda sedang tidak bekerja.

6. Atur penghitung mundur
Jika Anda tahu bahwa Anda harus meninggalkan rumah dalam waktu 60 menit dari sekarang, Anda dapat mengatur waktu dengan aplikasi penghitung mundur dari ponsel Anda. Walaupun Anda akan merasa sedikit terburu-buru, ini akan menghemat waktu Anda lebih banyak.

7. Buatlah catatan pribadi
Jangan mengandalkan ingatan Anda untuk sesuatu yang penting. Anda dapat membuat catatan untuk hal-hal penting yang Anda perlukan dan tempelkan pada benda yang akan sering Anda lewati atau lihat. Ini mungkin memakan sedikit waktu, namun akan lebih baik daripada Anda mengingatnya ketika sudah dalam perjalanan ke kantor.

8. Memiliki tempat untuk segala sesuatu
Mulai sekarang Anda dapat mulai menempatkan dan mengorganisir semua barang Anda pada tempatnya masing-masing. Sediakan tempat tersendiri untuk kunci dan pernak pernik, sehingga pada pagi hari Anda tidak akan panik mencari di mana kunci rumah dan kunci mobil Anda.
Biasakan setiap malam untuk menempatkan segala sesuatu di tempatnya, sehingga akan mudah ditemukan pada pagi hari.

9. Manfaatkan waktu perjalanan Anda
Ini tergantung pada jenis perjalanan yang Anda lakukan. Jika Anda berada di mobil pribadi dan sedang menjadi penumpang, Anda dapat memanfaatkan waktu yang Anda gunakan selama perjalanan untuk merias wajah, mengirim email pekerjaan, dan membaca berita online.

Beberapa tips di atas dapat membantu Anda untuk menghadapi hari yang padat dengan segudang aktivitas. Selamat mencoba!

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini