Sukses

5 Hal yang Membuat Rambut Lepek

Ketahui 5 hal berikut ini yang ternyata tanpa disadari membuat rambut lepek.

Liputan6.com, Jakarta Rambut lepek menjadi masalah yang kerap dialami wanita, terutama yang tinggal di daerah tropis. Untuk Anda pemilik rambut berminyak, masalah ini mungkin akan semakin sering dialami. Tak hanya itu, tanpa sadari beragam kebiasaan-kebiasan tertentu juga dapat menambah cepat lepeknya helaian rambut.

Pernahkah Anda baru keramas pagi tadi atau kemarin, dan sore ini rambut sudah terasa lepek? Mungkin Anda melakukan 5 hal ini seperti dikutip dari Cosmopolitan, Senin (25/1/2016).

1. Memegang rambut terlalu sering
Sama seperti menyentuh wajah, menyentuh rambut terlalu sering juga dapat menimbulkan masalah. Memang, terkadang tanpa sadar Anda menyentuh rambut Anda sendiri entah untuk merapikannya atau sekedar mengusir kebosanan. Namun, minyak dan debu pada jari akan menempel pada rambut yang menjadikannya lebih mudah lepek.

2. Terlalu sering mencuci dan mengaplikasikan conditioner berlebihan
Mungkin Anda berharap dengan mencucinya sering-sering, rambut akan semakin bebas lepek. Namun nyatanya justru kontraproduktif. Semakin Anda sering mencuci, sel-sel minyak pada kulit kepala akan semakin aktif dan membuat rambut cepat lepek. Belum lagi kebiasaan memberikan conditioner berlebihan sampai ke akar rambut. Meskipun berharap manfaatnya bisa dirasakan sampai akar rambut, tetapi kebiasaan ini justru akan membuat rambut cepat lepek.

3. Terlalu sering menyisir
Menyisir akan mengaktifkan produksi minyak pada kulit kepala. Jika dilakukan sekali-sekali, ini akan membuat rambut Anda tampak berkilau, tetapi jika terlalu sering justru akan membuatnya lepek.

4. Sisir Anda kotor
Hal yang sering terlewatkan, tetapi berdampak sekali pada lepek atau tidaknya rambut. Sisir rambut yang kotor akan mendistribusikan kotoran ke rambut yang menjadikannya lebih mudah lepek. Karena itu, bersihkanlah sisir secara rutin.

5. Memilih produk rambut yang salah
Produk rambut yang Anda pilih belum tentu cocok untuk rambut Anda. Jika Anda merasa rambut Anda sangat mudah lepek, mungkin ada yang salah pada produk rambut yang sedang Anda gunakan, misalnya sampo atau produk perawatan rambut Anda mengandung ekstra pelembap yang berlebihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.