Sukses

Sebelum Naik Pesawat, Baca Dulu 4 Hal Ini!

Traveloka memberikan tips untuk masyarakat yang akan naik pesawat terbang.

Liputan6.com, Jakarta Menempuh perjalanan dengan pesawat kini sudah tak se-eksklusif dahulu. Harga tiket yang terjangkau dan tak berbeda jauh dengan moda transpotasi lain, serta waktu tempuh yang jauh lebih cepat membuat perjalanan lewat udara kini ramai peminat.

Meski demikian, tak sedikit masyarakat yang hingga saat ini masih belum pernah merasakan sensasi perjalanan dengan transportasi udara berjuluk "Si Burung Besi".

Nah, bagi Anda yang baru pertama kali menaiki pesawat terbang tak perlu khawatir. Berikut sudah kami siapkan beberapa tips yang akan sangat berguna dalam menemani perjalanan Anda di udara. Tak hanya, buat yang baru pertama kali, yang sering terbang pun tetap perlu memperhatikan tips ini.

Namun sebelumnya, bagi Anda yang tengah mencari informasi penerbangan dengan tarif murah, bisa memanfaatkan layanan di Traveloka. Jika memang tertarik, Anda dapat langsung memesannya melalui smartphone atau komputer Anda.

1. Perhatikan Peraturan dan Prosedur Keamanan Bandara

Pastikan Anda sudah memeriksa semua barang bawaan yang akan Anda bawa di pesawat nanti. Kejadian terorisme yang belakangan ini marak terjadi di luar negeri membuat beberapa bandara dan pemerintah lokal menetapkan peraturan yang cukup ketat terhadap barang yang boleh dibawa oleh penumpang.

Perhatian khusus biasanya diberikan pada benda-benda yang berbentuk cairan, mengandung bahan peledak, atau bahan kimia tertentu. Andai pastinya tidak ingin barang bawaaan Anda disita saat pemeriksaan di bandara. Maka, ada baiknya memperhatikan hal ini sebelum berangkat ke bandara.

2. Cek Barang Bawaan Anda

Jika Anda membawa tas atau koper dengan berat yang melebihi aturan di tiket (umumnya free bagasi 15 - 20 Kg)  bersiaplah terkena biaya tambahan dalam jumlah yang cukup fantastis. Setiap maskapai mengenakan ongkos ekstra yang berbeda-beda untuk bawaan setiap penumpang yang melebihi berat yang sudah ditentukan.

Hal ini juga sangat penting untuk diperhatikan, karena bisa-bisa Anda membayar ongkos bagasi lebih mahal, daripada biaya yang sudah Anda keluarkan untuk membeli oleh-oleh. Selain itu, untuk lebih menghemat biaya perjalanan Anda juga bisa memanfaatkan tiket promo di Traveloka. 

3. Dokumen dan Kelengkapan lainnya

Jangan lupa membawa surat-surat atau kartu keterangan lain yang mungkin dibutuhkan untuk mengkonfirmasi identitas Anda ketika hendak naik ke penerbangan yang sudah dipesan.

Umumnya setiap maskapai akan meminta kartu tanda pengenal atau KTP, untuk memastikan bahwa nama yang tertera di tiket sudah sama dengan nama yang tercantum di kartu pengenal. Oleh karena itu jangan lupa pula untuk memastikan bahwa nama yang Anda gunakan saat memesan tiket tidak mengalami kesalahan penulisan.

4. Kapan waktu yang tepat tiba di Bandara?

Bagi Anda yang ingin memastikan tiba di bandara tepat waktu, tak ada salahnya melakukan pengecekan terkait rute tercepat dan waktu tempuh untuk menuju bandara.

Beberapa dari Anda mungkin lantas bertanya 'Kira-kira kapan waktu yang tepat untuk berada di bandara?'. Waktu yang direkomendasikan idealnya penumpang sudah harus ada di bandara dua jam sebelum penerbangan. Namun selain itu jangan lupa mencari informasi mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk check-in sehingga membuat perkiraan waktu yang lebih akurat.

Selamat Terbang!

(Adv)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.