Sukses

5 Tips Mudah Kurangi Ketergantungan pada Gawai

Beberapa tips berikut ini dapat membantu Anda mengurangi kecanduan Anda pada ponsel.

Liputan6.com, Jakarta Penelitian terbaru dari Universitas Derby tentang keterkaitan antara kecanduan smartphone dengan karakteristik psikologis menyebutkan, semakin sering Anda menggunakan smartphone Anda, semakin tinggi tingkat kecanduan Anda.

Rata-rata pengguna smartphone menghabiskan waktu 3,6 jam per hari untuk melihat layar smartphone mereka, dan 13% di antaranya dinyatakan sebagai pecandu.
Penggunaan berlebihan pada smartphone dapat menghilangkan kebahagiaan, meningkatkan perasaan kesepian, menurunkan potensi akademik dan sosial, serta mengerdilkan perkembangan anak-anak.

Seperti dikutip dari Mashable, Minggu (24/1/2015), jika Anda ingin mengurangi kecanduan pada smartphone, berikut beberapa tips mengatasinya. 

1. Matikan Notifikasi
Apakah Anda sering merasa bahwa dengan satu notifikasi saja yang masuk ke ponsel, itu akan menjadi satu jam bagi Anda untuk menatap layar ponsel? Anda tidak sendirian.
Jika Anda bersedia mematikan semua pemberitahuan, kejadian tersebut tidak akan sering terjadi dalam hidup Anda. Atau Anda dapat mematikan suara di ponsel Anda, hal tersebut dapat menurunkan dorongan untuk memeriksa ponsel Anda setiap kali mereka berkicau.

2. Cari Tahu Berapa Lama Anda Gunakan Ponsel
Jika Anda ingin mengejutkan diri Anda sendiri dengan mengetahui berapa lama Anda menggunakan ponsel dalam sehari, ada beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan. Beberapa di antaranya adalah QualityTime untuk pengguna Android dan Moment untuk pengguna iOS. Aplikasi ini dapat memonitar penggunaan ponsel Anda dan memberitahu Anda berapa jam dalam sehari Anda melihat layar ponsel Anda. Selain itu, aplikasi ini juga dapat memberikan Anda peringatan jika Anda menggunakan ponsel Anda terlalu berlebihan.

3. Mengatur Waktu Bebas Ponsel Setiap Hari
Anda mungkin tidak memerlukan ponsel Anda ketika Anda berada di meja makan, kamar mandi, atau saat Anda sedang membaca buku atau menonton film.
Cobalah untuk mengatur waktu bebas ponsel di waktu-waktu tertentu, setiap hari. Hal ini dapat membuat Anda beristirahat dengan lebih mudah. Anda dapat mencoba menerapkan mode airplane beberapa jam setelah Anda pulang bekerja. Anda dapat memanfaatkannya untuk membuat makan malam, menghabiskan waktu dengan keluarga atau bersiap-siap pergi ke suatu tempat.

4. Jangan Gunakan Ponsel sebagai Alarm
Jika memungkinkan, bahkan jangan bawa ponsel Anda ke kamar tidur. Apakah Anda pernah menyadarinya, bahwa dengan menggunakan ponsel sebagai jam alarm, hal pertama yang akan Anda lakukan setelah mematikan alarm tersebut di pagi hari adalah menggunakannya. Tidak membawa ponsel Anda ke kamar tidur dapat menghilangkan ketergantungan Anda pada ponsel.

5. Melatih Diri dengan 'Istirahat Teknologi'
Jika beberapa tips sebelumnya tidak juga berhasil untuk Anda, dan Anda tetap merasa menghabiskan terlalu banyak waktu untuk ponsel Anda, mungkin tips yang satu ini dapat membantu Anda.
Dr Larry D Rosen, seorang profesor psikologi di California State University mengatakan, untuk melakukan 'istirahat teknologi', mulailah dengan melihat ponsel Anda selama satu menit, lihat semua bentuk komunikasi, mulai dari teks, panggilan maupun media sosial. Atur alarm untuk 15 menit, kemudian matikan ponsel Anda. Alihkan pandangan Anda dari ponsel Anda sejauh mungkin. Ketika alarm 15 menit tersebut berbunyi, ulangi lagi hal tadi. Terus lakukan hal ini sampai Anda terbiasa dan menyadari bahwa Anda tidak kehilangan apapun. 

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.