Sukses

5 Cara Tingkatkan Motivasi Diri saat Bekerja dari Rumah

Berikut ini 5 cara untuk meningkatkan motivasi diri yang berhubungan dengan produktivitas saat bekerja dari rumah.

Liputan6.com, Jakarta Bekerja di kantor atau gedung tinggi bagi generasi milenial dan anak muda saat ini mungkin sudah berkurang kepopulerannya. Banyak dari mereka yang memilih untuk bekerja dari rumah karena tersedianya akses internet.

Selain itu, mereka juga bisa membangun usaha, seperti bisnis online atau industri kreatif lainnya sambil mengerjakan tugas dari perusahaan. Namun, tak jarang yang gagal membangun usaha atau pun mengerjakan tugas dari bos mereka karena salah perhitungan atau tidak memiliki perencanaan yang baik.

Seperti dilansir dari Lifehack.org pada Sabtu (23/1), kecenderungan lainnya seseorang gagal dalam membangun usaha sendiri di rumah karena kurang motivasi terhadap diri. Liputan6.com merangkum beberapa poin penting yang dapat membantu Anda termotivasi saat berkerja dari rumah.

Jangan terlalu berekspektasi tinggi
Secara alami, ketika membangun usaha, Anda pasti memiliki ambisi untuk meraih mimpi. Namun, untuk mencapai sebuah kesuksesan dan tujuan, Anda harus melewati proses yang panjang. Anda bisa saja berekespektasi akan mimpi usaha yang sedang Anda bangun, tetapi cobalah untuk realistis dengan melihat pertimbangan mulai dari hal sederhana.

Agendakan hari Anda agar seimbang
Menurut sistem Zen, mengagendakan atau mengatur pola hidup ketika sedang bekerja di rumah sangatlah penting. Beberapa elemen yang ada diperhatikan dalam sistem tersebut untuk mendapatkan keseimbangan, seperti seimbang berkomunikasi dan mengatur pola kerja.

Buat sistem kerja yang sehat
Ketika Anda bekerja dari rumah, terkadang luput untuk memerhatikan pola kerja yang sehat. Hal penting yang harus Anda seimbangkan agar bekerja di rumah jauh lebih produktif, yaitu mengatur sistem antara berlatih atau olahraga, makanan, dan bermain. Ketiga aspek tersebut terkadang sering luput saking fokusnya pada usaha atau pekerjaan yang sedang diselesaikan di rumah.

Berlatih atau olah tubuh
Salah satu alasan Anda bisa tetap produktif walaupun bekerja dari rumah adalah bergerak, seperti olahraga. Seringkali saking nyamannya dengan suasana di rumah, Anda luput untuk menggerakan tubuh yang memiliki manfaat menjauhkan tubuh dari penyakit, seperti jantung, diabetes, atau liver.

Tetap diskusikan ide
Bekerja dari rumah bukan berarti tidak bersosialisasi. Manusia pada hakikatnya butuh bersosialisasi. Keluar dari zona kerja di rumah untuk mendiskusikan ide dan gagasan akan membantu dan menyegarkan pikiran Anda. Bahkan dengan bertukar ide, kemampuan Anda menilai karakter orang lain semakin terlatih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini