Sukses

5 Wisata Perpustakaan Terbaik di Dunia

Berikut ini 5 perpustakaan terbaik di dunia yang bisa jadi alternatif untuk Anda, meluangkan waktu saat berlibur ke beberapa negara ini.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda memiliki hobi membaca? Perpustakaan bisa jadi pilihan yang tepat dan surga untuk Anda menghabiskan waktu sekaligus menjelajahi dunia lewat membaca buku atau beragam literatur.

Beberapa negara memiliki perpustakan dan bisa dikatakan sebagai yang terbaik di dunia. Mengunjungi beragam perpusatakaan terbaik di berbagai negara tersebut, tak hanya sekedar liburan semata, tetapi juga bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan Anda.

Seperti dilansir dari huffington post pada Senin (18/1), Liputan6.com merangkum beberapa perpustakan terbaik di dunia yang bisa masuk dalam daftar destinasi liburan cerdas Anda tahun ini.

1. Perpustakan Umum Stockholm -Stockholm, Swedia

Perpustakan Umum Stockholm ; Stockholm, Swedia (sumber. Huffingtonpost.com)

Perpustakaan umum di Kota Stockholm ini dirancang oleh arsitektur Swedia, Gunnar Asplund. Gunnar dikenal akan karya arsitekturnya di Skandia Cinema dan UNESCO World Heritage. Perpustakan luar biasa ini menyimpan ratusan ribu bahkan jutaan buku dan literatur yang siap memanjakan rasa ingin tahu Anda akan ilmu pengetahuan. Dengan bangunan bergaya Scandinavia, langit-langit perpustakaan ini dibentuk seperti awan.

2. Perpustakaan Biara Strahov -Praha, Republik Ceko

Perpustakaan Biara Strahov; Praha, Republik Ceko (sumber. Huffingtonpost.com)

Perpusatakan biara The Strahov yang berlokasi di Kota Praha, Republik Ceko ini ditemukan pada tahun 1143. Ditengah peperangan, kebakaran, dan bencana lainnya, perpustakan ini tetap bertahan dan kembali pugar pada tahun 1679. Perpustakaan ini dikenal dengan lukisan di langit-langit bangunan yang luar biasa. Lukisan-lukisan tersebut menceritakan tentang kisah-kisah dalam Alkitab. Uniknya, rak dalam perpusakaan ini menggunakan sistem "roda kompilasi" yang dapat diputar untuk membantu Anda menemukan buku yang diinginkan.

3. Perpustakaan Pusat Richard J. Riordan -Los Angeles, California

Perpustakaan Pusat Richard J. Riordan; Los Angeles, California (sumber. Huffingtonpost.com)

Perpustakan pusat Richard J. Riordan merupakan salah satu bangunan yang menjadi salah satu objek wisata dan bangunan paling menonjol di Los Angeles. Dengan arsitektur Art-Deco, perpustakaan tersebut juga sudah menerapkan teknologi digital dalam perkembangannya. Terdapat juga stensil dekoratid yang menggambarkan peristiwa sejarah California.

4. Perpustakaan dan Pusat Kultur Vennesla -Vennesla, Norwegia

Perpustakaan dan Pusat Kultur Vennesla; Vennesla, Norwegia (sumber. Huffingtonpost.com)

Berlokasi di dekat ujung selatan Norwegia, perpustakan Vennesla tidak hanya tempat koleksi ratusan ribu buku saja, tetapi juga sebagai pusat kebudayaan kota. Bangunan megah tersebut, juga dilengkapi kedai kopi, ruang pertemuan terbuka, kelas-kelas umum untuk kursus pendidikan bagi orang dewasa, serta bioskop. Bentuk perpustakaan ini terlihat seperti bagian dalam perut ikan paus.

5. Perpustakaan Kota South Australia -Adelaide, Australia

 Perpustakaan Kota South Australia; Adelaide, Australia (sumber. Huffingtonpost.com)

Perpustakan ini merupakan salah satu pusat studi terbesar di Australia. Bangunan dengan dominasi kaca tersebut tampak modern, tetapi berbeda dengan bagian dalamnya yang memiliki arsitektur seperti dalam set film Harry Potter. Terletak di Adelaide, perpustakaan ini lebih banyak berisi tentang sejarah Australia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini