Sukses

Ini Alasan Minyak Kelapa Bisa Digunakan sebagai Pasta Gigi

Ada cara yang lebih alami daripada terus-menerus menggunakan pasta gigi.

Liputan6.com, Jakarta Bahan alami memang selalu memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satunya juga digunakan oleh produsen kosmetik. Namun tahukah Anda ternyata minyak kelapa memiliki kandungan yang baik untuk membersihkan gigi. Oleh karena itu Anda dapat menjadinnya pilihan sebagai pasta gigi.

Seperti yang diulas Healthy Holistic Living, Sabtu (16/1/2016), minyak kelapa ternyata memiliki kandungan yang sempurna saat digunakan sebagai pasta gigi. Berikut alasan mengapa minyak kelapa bisa digunakansebagai pasta gigi.

1. Tidak mengandung bahan kimia

Pasta gigi mengandung triclosan yang dapat memicu munculnya endokrin. Endokrin dapat menyebabkan masalah kesehatan, termasuk payudara, ovarium, prostat, kanker testis, prematur, bayi berat lahir rendah, pubertas prekoks pada anak perempuan, dan testis tidak turun di anak laki-laki. Untuk menghindari efek samping yang bisa saja terjadi pada Anda dan keluarga, Anda dapat beralih menggunakan minyak kelapa sebagai pasta gigi.

2. Efektif Melawan Bakteri yang menyebabkan gigi berlubang

Penelitian bahkan menunjukkan bahwa menggosok gigi dengan minyak kelapa sekitar 10 menit setiap hari secara signifikan mengurangi pembusukan penyebab Streptococcus mutanspada gusi Anda. Sehingga bakteri tidak mudah muncul.

3. Tidak ada Busa Agen

Banyak pasta gigi juga mengandung surfaktan. Surfaktan adalah bahan kimia yang membuat berbusa dari pasta gigi, tetapi bahan ini juga memberikan efek yang mengganggu fungsi lidah Anda karena memecah fosfolipid di lidah Anda. Jadi dengan menggunakan minyak kelapa yang tidak berbusa akan jauh lebih aman.

4. Murah

Dibutuhkan hanya sejumlah kecil minyak kelapa untuk menjaga gigi Anda bersih. Jika Anda memiliki satu jar minyak kelapa dapat bertahan selama satu bulan. hal ini membuatnya menjadi pasta gigi yang murah dan terjangkau.

5. Dapat digunakan untuk menyikat gigi hewan peliharaan

Meskipun Anda tidak dapat menyikat gigi hewan peliharaan Anda dengan pasta gigi biasa, namun nyatanya minyak kelapa efektif dan aman untuk anjing dan manusia. Menerapkannya dengan sikat gigi akan sulit, Anda hanya bisa menyiapkan untuk mereka di sebuah wadah dan biarkan mereka menjilatinya. Secara bersamaan minyak kelapa dapat membersihkan mulut mereka.

6. Cara membuatnya yang Mudah

Membuat pasta gigi dari minyak kelapa sangat sederhana hanya dengan beberapa bahan diantaranya baking soda, minyak kelapa, dan tambahan ekstrak minyak daun mint yang menyegarkan. Anda juga dapat menambahkan pemanis alami untuk membuat Anda nyaman selama menggosok gigi.

 


**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini