Sukses

Ingin Kulit Bersih Terawat? Ini Tahapannya

Meski terlihat sederhana namun perawatan kecantikan rutin di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami bisa menjadi solusi jitu.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kulit sehat dan bersih merupakan impian semua wanita. Namun hal ini hanyalah angan-angan belaka, jika Anda tidak berusaha untuk melakukan perawatan rutin serta menghindari hal-hal yang membahayakan kulit. Meski terlihat sederhana namun perawatan rutin di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami, dapat membantu Anda mewujudkan impian memiliki kulit cantik terawat. 

Melansir dari situs Boldsky, Kamis (14/1/2016), berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan dan hindari jika ingin memiliki kulit bersih dan sehat.

1. Bersihkan wajah Anda sebelum tidur

Do and don't perawatan muka

Langkah awal untuk mendapatkan kulit sehat dan bersih, dapat diwujudkan dengan mencuci wajah secara rutin sebelum tidur. Hal ini akan membantu membersihkan sisa kotoran yang menempel pada wajah Anda setelah beraktivitas seharian. Apabila Anda malas mencuci wajah, sisa kotoran akan menyumbat pori-pori wajah Anda dan akan menjadi penyebab timbulnya permasalahan pada kulit seperti flek hitam dan jerawat. 

2. Lakukan perawatan kecantikan harian

Do and don't perawatan muka

Melakukan ritual perawatan wajah secara rutin dapat membuat wajah Anda sehat terawat. Bukan hanya sekedar mengaplikasikannya namun perhatikan setiap langkahnya dengan tepat, seperti sunscreen, daily cream atau moisturizer dan serum. Rangkaian perawatan kulit yang tepat dapat menjaga kulit dari efek radikal bebas.

3. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Do and don't perawatan muka

Menjaga pola makan juga berpengaruh pada kualitas kesehatan kulit, khususnya makanan yang mengandung antioksidan. Konsumsilah sayuran hijau dan sayuran berwarna cerah setiap hari agar kulit ternutrisi dengan baik. Apabila asupan nutrisi dalam tubuh Anda terpenuhi, proses regenerasi kulit yang dilakukan oleh metabolisme tubuh pun akan berjalan dengan maksimal.

4. Berikan air yang cukup untuk kulit

Do and don't perawatan muka

Air mineral dapat menjaga kelembapan pada kulit Anda. Minumlah air setidaknya 8 gelas dalam sehari jika ingin memiliki kulit sehat dan terhindar dari dehidrasi. Ingat saat tubuh terserang dehidrasi, kulit bibir dan wajah akan pecah-pecah dan terasa kering, apabila dibiarkan kulit akan mengelupas dan iritasi.

5. Hindari mencuci wajah terlalu sering

Do and don't perawatan muka

Meski Anda dianjurkan untuk membersihkan wajah agar kotoran terangkat dari kulit Anda, namun hindarilah mencuci wajah terlalu sering. Lakukan setidaknya dua kali sehari, cukup pada pagi dan malam hari. Selain itu gunakan sabun bertekstur lembut dan mengandung pelembap agar kulit Anda terjaga kelembapannya.

6. Hindari kulit dari produk riasan berbahan kimia berbahaya

Do and don't perawatan muka

Memang benar produk makeup dapat membuat Anda tampil lebih cantik dan percaya diri. Namun berhati-hatilah terdapat banyak bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam produk kecantikan. Jadi usahakanlah untuk memilih produk makeup yang terpercaya dan mengandung bahan alami agar tidak merusak kulit Anda.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini