Sukses

NTT Berbenah Jadi Destinasi Wisata Dunia

Diperlukan tekad dan dukungan banyak pihak untuk mewujudkan NTT sebagai destinasi wisata dunia.

Liputan6.com, Jakarta Untuk mendorong terwujudnya NTT sebagai salah satu destinasi wisata dunia diperlukan tekad dari pemerintah bersama stakeholder dan masyarakat, untuk terus memelihara dan mengembangkan berbagai objek wisata secara baik dan berkelanjutan. Hal tersebut setidaknya diucapkan Plt Kepala Dinas Pariwisata NTT, Welly Rohi Mone kepada Antara di Kupang, Selasa (12/1/2016).

Menurut Welly, jika ingin menjadikan NTT sebagai destinasi wisata dunia, maka pengelolaan aset wisata dan destinasi harus disesuaikan dengan pasar pariwisata dunia. Artinya, masyarakat diimbau untuk ikut menjaga dan memelihara destinasi wisata yang dimiliki.

Tak hanya itu, Welly juga mengajak masyarakat untuk memelihara aset seni dan budaya, serta kerajinan ekonomi kreatif dan ikut mempromosikan sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung.

Pemerintah Daerah NTT tengah menangkap peluang dengan cara menyiapkan data-data yang akurat dan komprehennsif terkait potensi pariwisata dan potensi sumber daya alam dan manusianya.

“Ini semua dalam rangka mencapai target 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia, termasuk ke NTT di tahun 2019,” ungkap Welly.

Untuk mencapai target itu pula, secara nasional Kementerian Pariwisata telah melakukan serangkaian kegiatan promosi yang sangat masif dan agresif melalui berbagai media internasional. Salah satu bentuk promosi yang diluncurkan adalah program TV bertajuk “Wondernesia” di saluran Discovery dan TLC seluruh Asia Pasifik mulai 10 Desember 2015.

Program berdurasi 23 menit yang terdiri dari 12 episode ini diproduksi oleh Discovery Networks Asia Pasific dalam format yang unik.
“Wilayah Asia Pasifik terutama Tiongkok, Jepang, Australia, serta Malaysia dan Singapura merupakan pasar utama pariwisata Indonesia. Ke lima negara ini tahun lalu memberikan kontribusi hingga 61% dari totoal kunjungan 9,2 wisman ke Indonesia,” ungkap Welly kemudian.

Program Wondernesia sendiri merupakan salah satu upaya promosi yang dilakukan Kementerian Pariwisata melalui media televisi internasional dengan pendekatan POS (Paid media, Owned media, dan Social media), dalam meningkatkan awareness masyarakat mancanegara terhadap branding Wonderful Indonesia.

sumber: Antara

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.