Sukses

Bangkitkan Semangat dengan Cara Mudah dan Cepat

Beberapa cara ini dapat membantu Anda untuk membangkitkan semangat dalam sesaat.

Liputan6.com, Jakarta Berbagai hal dapat membuat semangat Anda menurun hingga kehilangan gairah dalam berkegiatan. Selain sangat mengganggu, hal ini dapat menurunkan mood Anda dalam berkarya. Untuk itu, Anda harus memiliki kemampuan untuk menaikkan semangat Anda sendiri sewaktu-waktu.

Beberapa cara ini mungkin dapat membantu Anda untuk kembali membangkitkan semangat, seperti dilansir dari dummies.com, Minggu 10 Januari 2016.

1. Bernapaslah
Biasanya, ketika Anda berada dalam tekanan atau kebingungan, napas Anda akan menjadi lebih cepat dan pendek. Perubahan dalam napas Anda ini akan membuat Anda lebih stres dan menjadi tidak nyaman. Anda dapat melawan tekanan yang datang dengan melakukan teknik pernapasan.

Caranya, letakkan satu tangan Anda di atas perut dan lainnya di dada Anda. Kemudian, bernapaslah perlahan dan pusatkan konsentrasi untuk bernapas. Selanjutnya, buang napas Anda secara perlahan dan ucapkan dengan pelan kata 'santai' sambil Anda membuang napas, ulangi langkah di atas paling tidak selama 10 kali Anda mengambil napas.

2. Bicarakan
Manusia adalah makhluk sosial. Ketika Anda berhubungan dengan orang lain, Anda akan merasa lebih baik. Ketika Anda merasa tertekan atau bingung, hubungi teman dekat Anda atau diskusikan hal yang mengganggu pikiran Anda. Apa pun alasan Anda untuk berhubungan dengan orang lain, itu akan membantu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Air

3. Menyegarkan diri
Duduk di dalam sebuah bathtub berisi air hangat atau sekadar mandi air panas dapat melemaskan otot-otot yang tegang pada tubuh Anda. Ketika Anda merasakan air yang menghangatkan dan menyegarkan tubuh, Anda akan otomatis merasa tenang dan nyaman.

4. Merasakan suhu dingin yang hebat
Cara ini mungkin terdengar cukup aneh bagi Anda, tapi ternyata sangat berguna. Ketika Anda berada dalam tekanan yang cukup besar, Anda dapat pergi ke kamar mandi dan mengisi sebuah mangkuk besar dengan air es. Ambil napas dalam-dalam dan benamkan wajah Anda selama kurang lebih 30 detik.

Meski terdengar mengerikan, cara ini dipercaya dapat menenangkan pikiran dan tubuh Anda. Ketika tubuh Anda atau salah satu bagian tubuh Anda berada dalam air dingin, tubuh Anda akan memperlambat metabolisme. Metabolisme yang lambat dapat mengurangi ketegangan. Ketika wajah Anda berada di dalam air es, metabolisme Anda melambat, ketegangan Anda akan menurun.

Diharapkan Anda akan berhenti mengkhawatirkan hal-hal yang mengganggu pikiran Anda dalam sekejap. Tak ada salahnya, cara mudah yang satu Ini patut dicoba!

3 dari 5 halaman

Tantangan, Olahraga

5. Tantangan berpikir cepat
Untuk mencari tahu apa persisnya hal yang mengganggu Anda dan mempertimbangkan kaitannya ke dalam kehidupan Anda, Anda dapat menjawab beberapa pertanyaan berikut ini: apa yang mengganggu saya? Seberapa penting kemarahan saya ini dalam jangka waktu ke depan? Apakah saya mempunyai cukup bukti untuk apa yang saya pikirkan? Apakah ada yang lebih masuk akal untuk melihat kejadian ini?

6. Olahraga
Tubuh merespons kemarahan dengan memproduksi hormon stres. Namun Anda dapat dengan cepat menyingkirkan hormon ini dengan berolahraga setidaknya selama 15 - 20 menit. Cobalah melakukan aerobik, joging atau jalan cepat.

Jika hari itu udara sedang bagus, cobalah pergi keluar untuk mendapatkan sedikit sinar matahari dan udara segar. Atau jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih nyaman, Anda dapat datang ke tempat gym untuk mendapatkan beberapa kelas kebugaran.

4 dari 5 halaman

Musik, Binatang

7. Musik
Suara dapat mempengaruhi pikiran dan tubuh. Suara dapat membuat Anda merasa terkejut, marah, sedih maupun merasa tenang. Ketika Anda merasa tertekan, cobalah untuk mendengarkan musik yang santai dan tenang, seperti musik jazz atau klasik.

Tak hanya alunan lagu atau musik, suara yang menenangkan seperti suara air laut, hingga burung berkicau sering kali digunakan oleh gerai jasa relaksasi seperti spa kecantikan atau tepat pijat refleksi untuk mewujudkan suasana yang menenangkan.

8. Binatang peliharaan
Penelitian menunjukkan bahwa binatang peliharaan menawarkan mood yang lebih baik dan memungkinkan Anda untuk menjadi lebih sehat. Bercanda dengan binatang peliharaan dapat melancarkan peredaran darah di tubuh Anda.

Untuk Anda yang saat ini tidak memiliki binatang peliharaan, rencanakan untuk memiliki seekor peliharaan yang mudah dirawat atau seringlah berkunjung ke rumah kerabat yang memiliki binatang peliharaan.

Perlu diketahui, melihat binatang peliharaan bertingkah menggemaskan dan bermain dengan mereka adalah suatu hal yang menyenangkan dan dapat menenangkan tubuh Anda.

5 dari 5 halaman

Pengalihan, Hidup

9. Alihkan stres
Saat Anda berada dalam keadaan marah, biasanya satu-satunya hal yang ada di pikiran Anda adalah ketidaknyamanan yang berisi hal-hal buruk. Anda dapat mencoba beberapa hal untuk membantu mengalihkan stres Anda. Seperti membaca buku, menonton film, atau bermain game.

10. Tinggal di masa sekarang
Ingatlah bahwa hal yang menjadi penyebab terbesar dari rasa tertekan adalah membiarkan diri Anda terhanyut berada di masa lalu atau terlalu berkhayal tentang masa depan tanpa usaha. Anda mungkin merasa bersalah dan depresi terhadap hal-hal yang terjadi di masa lalu, dan Anda merasa cemas terhadap hal-hal yang belum dan khawatir tidak akan pernah terjadi.

Buat diri Anda keluar dari perangkap ini, fokuslah pada apa yang sedang terjadi di sekitar Anda sekarang. Bernapaslah, rasakan kaki Anda yang menyentuh tanah, rasakan ketegasan dari kursi tempat Anda duduk, dan perhatikan suhu udara di sekitar Anda.

Lihat sekeliling Anda dan amati. Jangan menilai apa pun. Amati dan bernapaslah. Setelah pikiran Anda lebih tenang, pusatkan perhatian pada apa yang harus Anda lakukan saat ini demi meraih sebuah cita-cita di masa mendatang. Perkirakan juga kemampuan yang Anda miliki dengan target yang akan Anda raih.*

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini