Sukses

Ketahui Dampak Buruk Flats bagi Kesehatan

Bukan hanya heels, tapi flats juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Flats selalu dianggap jenis sepatu yang lebih aman dan nyaman untuk digunakan saat berpergian. Dari segi kenyamanan, mungkin flats memang bisa menjadi pilihan yang lebih diminati dibandingkan high-heels. Modelnya yang tidak memiliki hak pada bagian tumit menjauhkan pemakai dari rasa pegal. Namun, bagaimana jika dari segi kesehatan? Apakah flats juga tergolong lebih baik dibandingkan heels? Berikut ini dilansir dari Whowhatwear, Rabu (06/01/2016), dampak dari menggunakan flats bagi kesehatan Anda. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Page 2

Plantar Fasciitis
Penyakit ini ditandai dengan peradangan atau iritasi pada ligamen yang menghubungkan tumit dan jari kaki. Masalah ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada bagian tumit. Hal ini juga dapat menimbulkan rasa sakit pada kaki Anda di pagi hari saat turun dari tempat tidur.

Cara pencegahan:
Pastikan flas yang Anda pakai memiliki lengkungan yang cukup dan hindari sepatu flats dengan alas yang terlalu tipis.

3 dari 6 halaman

Page 3

Hilangnya lengkungan pada kaki
Jika Anda sudah mengalami Plantar Fasciitis sebelumnya, maka besar kemungkinan bagi lengkungan Anda untuk menghilang dengan sendirinya seiring waktu. Hal ini akan lebih cepat terjadi jika sepatu flats Anda tidak memiliki lengkungan yang cukup sehingga tidak mampu menopang atau menjaga bentuk lengkungan pada kaki.

Cara pencegahan:
Jika Anda mulai merasakan sakit pada bagian telapak kaki, segeralah periksakan kesehatan kaki Anda ke dokter. Anda juga harus mulai membeli flats dengan kualitas yang lebih baik, karena lebih baik menghabiskan uang untuk membeli flats dengan kualitas yang baik dibanding mengobati kaki Anda nantinya.

4 dari 6 halaman

Page 4

Kuku kaki tumbuh ke dalam dan infeksi tulang
Jika Anda salah memilih ukuran flats, hal ini pasti akan terjadi pada Anda. Pertumbuhan kuku kaki Anda akan terhalang, bukan tumbuh keluar melainkan ke dalam. Saat kuku kaki Anda tumbuh ke dalam, rentan bagi Anda untuk mengalami infeksi tulang yang mana jika menyebar akan berbahaya untuk kesehatan.

Cara pencegahan:
Saat akan membeli sepatu flats, cobalah sepatu itu terlebih dahulu. Pastikan saat dipakai jari kaki Anda memiliki ruang yang cukup untuk bergerak, gerakan jari kaki dalam sepatu Anda, pastikan jari kaki dapat bergerak bebas tanpa terasa sakit.

5 dari 6 halaman

Page 5

Masalah pada punggung, pinggang dan lutut
Masalah ini paling sering disebabkan oleh sendal jepit. Mungkin sendal jepit memang sangat nyaman untuk digunakan, tapi ada baiknya bagi Anda untuk juga memikirkan dampak buruk yang mungkin ditimbulkan oleh sendal jepit ini. Bukan hanya menurunkan penampilan Anda yang fashionable, tapi sendal jepit juga dapat menimbulkan masalah kesehatan jangka panjang, salah satunya pergeseran pada tulang belakang, panggul dan lutut.

Cara pencegahan:
Hindari penggunaan sendal jepit. Lebih baik Anda menggunakan sendal yang lebih berkualitas untuk menghindari masalah kesehatan yang lebih berbahaya.

6 dari 6 halaman

Page 6

Memberikan tekanan yang lebih besar pada kaki
Sepatu flats dengan alas yang terlalu tipis sangat berbahaya untuk kaki Anda. Bagaimana tidak, selama berjalan kaki akan terus terantuk pada tanah dan memberikan masalah pada tumit. Jika terus berkelanjutan, hal ini akan berdampak butuk bukan hanya pada kaki, tapi juga bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cara pencegahan:
Pilihlah sepatu flats yang memiliki sedikit heels pada bagian belakangnya. Sepatu dengan heels yang lebar dan pendek akan lebih baik untuk digunakan dibandingkan stiletto ataupun sepatu yang terlalu ceper.

 

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.