Sukses

10 Cara Ini Jamin Anda Lebih Mudah Tidur

Ada banyak cara menyingkirkan insomnia, tetapi 10 cara ini mungkin cukup efektif.

Liputan6.com, Jakarta Insomnia atau gangguan tidur mungkin pernah dialami siapa saja. Namun, jika gangguan itu terjadi secara terus-menerus, tentu produktivitas pun akan terganggu. Ada banyak cara untuk mengatasi insomnia, seperti dikutip dari Metro, Rabu (6/1/2016), berikut beberapa di antaranya;

1. Tidur pada jam yang sama setiap hari
Anda akan lebih mungkin mengalami insomnia jika waktu tidur tidak teratur. Maka lebih baik untuk mencoba tidur pada waktu yang sama setiap harinya.

2. Rileksasi sebelum tidur
Jangan melakukan kegiatan berat apa pun sekitar setengah hingga satu jam sebelum tidur, termasuk memainkan gadget Anda. Jika perlu bantu diri Anda untuk rileks dengan minum minuman hangat atau membaca buku.

3. Ketahuilah waktu tidur Anda

Anda pernah mengalami kondisi ini, sudah tertidur, kemudian terbangun dan sulit tidur kembali? jangan sepelekan kondisi ini.
Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda. Untuk mengetahuinya, Anda bisa tidur tanpa menggunakan alarm untuk membangunkan Anda. Jika Anda bangun secara konstan, maka itulah kebutuhan tidur Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hindari TV

4. Hindari TV di kamar tidur
Sinar dari TV atau layar apa pun akan membuat Anda sulit tidur. Maka, saat mendekorasi kamar, hindarilah menaruh TV atau komputer di kamar.

5. Buat kamar berkondisi sejuk
Suhu yang tinggi akan membuat Anda tidak nyaman sehingga sulit untuk tidur. Jika suhu udara memang panas, Anda bisa memasang kipas angin pada ventilasi Anda untuk mengeluarkan udara panas atau memasang air conditioner (AC).

6. Tulis to-do list untuk besok
Ini akan memicu Anda untuk lebih cepat tidur karena mengingat besok akan melakukan banyak kegiatan.

7. Menulis diary sebelum tidur

Menulis di buku harian bisa membuka kekuatan kreativitas Anda dan menginspirasi Anda mewujudkan mimpi yang mungkin tersembunyi.
Hampir sama seperti poin sebelumnya, menulis akan membantu Anda rileks karena mampu membantu mengeluarkan isi hati dan menjernihkan pikiran.

3 dari 3 halaman

Bernapas dan rileks

8. Dengarkan suara alam
Mendengarkan suara alam seperti gemericik air atau pohon-pohon yang tertiup angin akan membuat pikiran lebih rileks dan memudahkan Anda untuk tidur. 

9. Hindari kafein

Dibalik kebanggaan atas kopi luwak menjadi kopi termahal di dunia, ada kisah dibalik kopi luwak yang tak banyak diketahui.
Kafein bisa membuat otak Anda tetap terjaga. Penelitian menyebutkan setidaknya efek kafein akan bertahan selama 6 jam dalam tubuh. Sehingga, jangan minum kafein terlalu dekat dengan jam tidur Anda.

10. Bernapas
Bernapas merupakan kunci Anda untuk bisa tidur dengan nyaman. Untuk bisa bernapas yang membuat rileks, Anda bisa berlatih meditasi.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.