Sukses

Ini 5 Manfaat Menjadi Seorang Relawan

Selain membuat hidup lebih berarti, ada manfaat lain yang didapat dari menjadi seorang relawan.

Liputan6.com, Jakarta Kita tak pernah tahu kapan dan di mana bencana akan datang. Namun yang pasti memiliki sikap waspada dan selalu peduli dengan penderitaan orang lain, yang diwujudkan dalam aksi menjadi relawan, perlu ditanamkan sejak dini. 

Sikap peduli terhadap sesama menjadi penting, pasalnya menurut beberapa sumber penelitian yang dilansir dari lifehack, Selasa (5/1/2015), tingkat keterlibatan sukarelawan di beberapa negara mengalami penurunan. Padahal banyak manfaat yang dapat diterima dari pengalaman menjadi seorang relawan.

Selain membuat hidup lebih berarti, berikut manfaat lain yang didapat dari menjadi seorang relawan.

1. Menjadi relawan, Anda terhubung dengan komunitas dan masyarakat
Ketika terjadi bencana, banyak tenaga relawan yang dibutuhkan untuk melayani para pengungsi, seperti juru masak, perawat, atau bahkan tim SAR. Dengan menjadi seorang relawan, Anda akan merasa jauh lebih berarti karena bantuan tenaga dan pikiran.
Selain itu, Anda juga dapat terhubung dengan berbagai komunitas dan lapisan masyarakat.

2. Menjadi relawan, Anda akan mendapat perspektif lainnya
Masih banyak yang menganggap, organisasi non-profit merupakan bisnis serius yang bisa mendatangkan pendapatan tertentu. Namun, lebih dari itu, menjadi relawan membutuhkan keterikatan secara emosional. Dari hal ini, menjadi seorang relawan membawa Anda pada perspektif hidup yang berbeda.

3. Pengalaman sebagai relawan menjadi catatan bagus ketika melamar pekerjaan
Pernah berkecimpung menjadi relawan? Banyak perusahaan melihat relawan sebagai sebuah pekerjaan yang hebat, karena menuntut kesediaan seseorang bekerja layaknya profesional, dan kebanyakan tanpa dibayar. Hal itu menjadi gambaran bagaimana etos kerja sekaligus nilai tambah di mata perusahaan yang Anda lamar.

4. Menjadi relawan akan meningkatkan kesehatan Anda
Menurut studi yang dilakukan oleh Universitas Carnegie Mellon, menjadi seorang relawan akan mengembangkan pola pikir Anda yang sekaligus berdampak pada kesehatan tubuh. Penelitian tersebut dilakukan oleh orang yang berusia di atas 50 tahun di mana menjadi relawan akan membuat tekanan darah mereka menjadi lebih rendah.

5. Menjadi relawan, menambah keterampilan Anda
Mungkin Anda adalah orang yang pandai atau handal dalam satu dan dua bidang, seperti musik, bank, atau memasak. Dengan menjadi seorang relawan, Anda akan mendapatkan keterampilan baru lainnya secara otomatis. Keterampilan seperti memasak, menenangkan orang, mengajar anak kecil, atau medis yang baru didapatkan saat menjadi relawan akan menjadi keuntungan untuk karir profesional Anda.

 

 

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini 
** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini