Sukses

9 Cara Kreatif Daur Ulang Perabot Antik

Punya perabot tua yang ingin disingkirkan dari rumah? Coba tips berikut ini sebelum Anda melakukannya.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda memiliki perabot kesayangan yang telah menjadi warisan beberapa generasi keluarga yang mulai terlihat usang?.

Atau mungkin Anda menemukan perabot antik yang ditemukan di sebuah pasar loak namun terlihat kurang cocok dengan perabot lain yang ada di rumah Anda?

Ya, seiring berjalannya waktu, furnitur akan mengalami perubahan warna cat, tekstur dan materialnya. Namun jangan lihat sebelah mata, Anda masih bisa menyulap barang kuno tersebut menjadi barang baru yang melengkapi desain interior.

Berikut ini sembilan cara yang bisa Anda coba untuk mendaur ulang furnitur vintage ini untuk melengkapi gaya hidup moderen, seperti dilansir dari Apartmenttherapy.com dan www.rumah.com, Kamis (7/1/2016):

Apakah kloset Anda kurang luas? Coba manfaatkan lemari kabinet bergaya Tiongkok seperti di atas untuk menyimpan ragam sepatu dan perhiasan Anda. Mannequin bekas juga bisa di daur ulang dan dipasangkan setelan baju favorit.

Lemari antik kecil seperti contoh di atas sangat sempurna untuk menyimpan koleksi sepatu.

Lemari vintage akan terlihat berbeda jika Anda bisa memberi sedikit sentuhan kreatif. Contoh di atas, memanfaatkan lemari antik terbuka untuk menjadi sekat penyimpanan pakaian Anda.

Demliune hall table atau meja setengah lingkaran ini bisa menciptakan ruang kerja yang apik. Manfaatkan meja ini di ruangan sempit untuk menjadi meja laptop Anda.

Sebuah meja antik atau kabinet juga sangat cantik menghias kamar tidur Anda terlihat lebih klasik.

Jika Anda menyukai tanaman di dalam ruangan dan kehabisan ide untuk menyimpan mereka, letakkan saja di sebuah lemari antik dengan banyak laci kecil seperti contoh di atas.

Anda juga mungkin bisa membungkus masing-masing laci sebelum meletakkan tanaman untuk mencegah material kayunya dirambati oleh akar.

Bonusnya, Anda masih bisa memanfaatkan sisa laci lain untuk menyimpan barang-barang, jika tanaman Anda tidak tumbuh terlalu lebat.

Cara yang satu ini juga hampir sama dengan ide sebelumnya, namun diterapkan di luar ruangan rumah, sehingga akan menciptakan kesan taman klasik yang cantik untuk berswafoto.

Letakkan meja antik yang biasa diletakkan di ruang kerja menjadi pusat perhatian di tengah dapur Anda.

Manfaatkan kabinet tua bergaya Tiongkok untuk penyimpanan ekstra deretan botol minum dan gelas wine di dapur. (Isnaini K/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.