Sukses

Punya Resolusi Lebih Banyak Baca Buku? Ini Cara Mewujudkannya

Jika lebih banyak membaca buku merupakan salah satu resolusi Anda pada tahun ini, berikut cara mudah mewujudkannya.

Liputan6.com, Jakarta Buku adalah jendela dunia, semakin banyak buku yang Anda baca, semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki. Namun, dengan kemajuan teknologi, kebanyakan orang saat ini lebih menyukai memegang ponsel daripada buku.

Jika lebih banyak membaca buku merupakan salah satu resolusi Anda pada tahun 2016 ini, maka berikut cara mudah untuk mewujudkannya. Dikutip dari Metro.co.uk, Minggu (3/1/2016), setidaknya ada 10 cara supaya Anda lebih banyak membaca buku selama 2016.

1. Bawalah buku kemanapun Anda pergi
Jadikan buku sebagai teman terbaik, maka bawalah buku yang sedang dibaca bersama Anda. Sehingga, ketika ada waktu luang, setidaknya Anda bisa membuka buku dan membacanya.

2. Mulailah dengan buku yang sudah pernah Anda baca
Jika baru mau membiasakan diri untuk lebih banyak membaca, maka mulailah dulu dengan buku yang pernah Anda tamati. Selanjutnya, jika sudah terbiasa membaca, Anda bisa melanjutkan ke buku-buku lainnya.

3. Banyak membaca review
Membaca review buku akan meningkatkan keinginan Anda membaca buku. Maka, rajin-rajinlah membaca review buku.

4. Mulailah bertanya kepada teman Anda jika mereka sudah selesai membaca buku
Apabila mereka sudah selesai, mungkin Anda bisa meminjamnya. Sebab, salah satu alasan orang malas membaca buku adalah karena harganya yang cukup mahal. Dengan saling meminjam buku, Anda bisa membaca buku lebih banyak, bukan? Jangan lupa untuk meminjami teman buku yang Anda punya juga, lho!

5. Menjadi anggota perpustakaan
Tentu saja, Anda bisa membaca buku dengan gratis! Selebihnya, semangat Anda untuk membaca buku pun semakin meningkat karena Anda akan memanfaatkan keanggotaan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Targetkan diri

6. Kunjungi toko buku
Meskipun Anda tidak membeli sebanyak buku yang Anda inginkan, setidaknya Anda dapat melihat-lihat buku apa yang bagus sehingga bisa dimasukkan ke dalam wishlist Anda.

7. Jika tak suka, jangan lanjutkan membaca
Ada kalanya, buku yang Anda baca tidak sesuai dengan kegemaran Anda. Artinya, Anda tidak suka dengan buku itu. Jika memang demikian, Anda tidak perlu memaksakan untuk membacanya. Buatlah diri Anda tetap menikmati kegiatan ini.

8. Targetkan diri Anda
Jika Anda seseorang yang menganggap target adalah sesuatu yang bisa memicu semangat, maka targetkanlah halaman buku yang harus Anda baca per harinya. Ini akan membantu untuk menjadikan membaca sebuah rutinitas.

9. Taruh ponsel Anda
Ponsel bisa menjadi distraksi terbesar dalam membaca buku. Maka, taruh dulu ponsel selagi Anda membaca buku.

10. Jangan khawatir membaca akan kurangi produktivitas
Jika Anda terlalu disibukkan dengan pekerjaan dan berpikir membaca akan mengurangi produktivitas, Anda salah. Membaca adalah kegiatan yang mampu membuat ada rileks. Sehingga itu akan meningkatkan produktivitas. Mulai sekarang, tentukan tempat favorit Anda dan jadwal Anda membaca, selamat mencoba!

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini