Sukses

Inilah Keindahan 7 Puncak Gunung Indonesia

Berada pada zona `Ring of Fire`, Indonesia dipenuhi gunung api dengan pemandangan alam yang spektakuler.

Liputan6.com, Jakarta Menghabiskan malam tahun baru dengan mendaki gunung merupakan kegiatan yang anti-mainstream. Dari puncak gunung inilah Anda bisa melihat matahari terbit di tahun baru 2016. Pegunungan di Indonesia merupakan pegunungan yang sangat eksotis. Beberapa diantaranya memiliki keunikannya masing-masing.

Pegunungan di Indonesia termasuk dalam sirkum Mediterania dan sirkum Pasifik. Kedua sirkum tersebut dinamai dengan Ring of Fire. Pegunungan yang termasuk sirkum Mediterania di Indonesia contohnya seperti Gunung Kerinci, Gunung Leuseur, dan Gunung Krakatau, karena termasuk dalam busur dalam vulkanik.

Beberapa gunung di Indonesia memang masih banyak yang aktif. Terutama yang berada di Sumatera dan Jawa hingga sampai ke Nusa Tenggara. Namun demikian, tetap saja gunung vulkanis ini memiliki pesona yang indah bagi para pecinta alam.

Berikut ulasan reservasi.com tentang tujuh gunung di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

1. Gunung Rinjani
Gunung Rinjani, Lombok/Business Insider
Anak gunung Rinjani yang meletus sempat membuat penerbangan menuju Bali, Lombok, dan Banyuwangi tertunda akibat sebaran abunya yang tertiup angin. Gunung Rinjani terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dengan ketinggian 3.726 mdpl menjadikan Rinjani sebagai gunung ke 6 tertinggi di Indonesia. Statusnya sebagai gunung vulkanis tidak membuat para pecinta alam berhenti untuk mendaki dan menikmati pemandangan dari puncak Rinjani. Gunung Rinjani ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.000 hektar. Yang menjadikan istimewa adalah keberadaan Danau Segara Anak yang mempesona. Anda bisa turun di Bandara Lombok Praya kemudian melanjutkan perjalanan lewat darat menuju Gunung Rinjani. Banyak tiket murah pesawat yang ditawarkan saat low season ke Lombok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Gunung Semeru

2. Gunung Semeru
Gunung Semeru, dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 mdpl.
Gunung yang memiliki tinggi 3.676 mdpl ini ketinggiannya berada di bawah gunung Rinjani. Namun puncak Mahameru, Semeru merupakan puncak gunung tertinggi di pulau Jawa. Gunung Semeru terletak di kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Gunung Semeru ini masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Di sinilah kalian bisa melihat keindahan danau Ranu Kumbolo. Anda bisa turun di Bandara Internasional Juanda Surabaya, kemudian melanjutkan dengan menyewa mobil menuju titik pendakian di kaki Gunung Semeru.

3 dari 7 halaman

3. Gunung Bromo

3. Gunung Bromo

Masalah tiket menjadi problem besar bagi pariwisata Gunung Bromo.
Gunung dengan tinggi 2.329 mdpl ini sangat lekat dengan kehidupan penduduk Tengger di Jawa Timur. Bagi mereka, Gunung Bromo ini merupakan tempat suci yang dijadikan tempat ritual. Tradisi itulah yang menjadi salah satu tujuan wisata Gunung Bromo, melihat tradisi masyarakat Tengger yang masih memegang teguh kepercayaan nenek moyangnya. Tak berberbeda jauh dengan Gunung Semeru, untuk menuju ke Gunung Bromo akses Bandara paling dekat berada di Bandara Internasional Juanda Surabaya.

4 dari 7 halaman

4. Gunung Ijen

4. Gunung Ijen
Keindahan fenomena api biru di Kawah Ijen. Foto: Ahmad Ibo.
Gunung yang berada diantara Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur ini memiliki kawah yang berwarna biru atau dikenal dengan blue fire. Gunung Ijen masuk kedalam Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Banyuwangi. Blue fire inilah yang menjadikan Gunung Ijen eksotis karena hanya dimiliki oleh Gunung Ijen dan pegunungan Islandia dari seluruh gunung yang ada di dunia. Anda bisa turun di Bandara Belimbing Sari Banyuwangi kemudian melanjutkan perjalanan menuju pos pertama Gunung Ijen.

5 dari 7 halaman

5. Gunung Kelimutu

5. Gunung Kelimutu
Danau Unik
Keindahan gunung yang berada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur ini memiliki tiga buah danau yang memiliki pesona menawan. Pasalnya ketiga danau tersebut memiliki warna yang berbeda-beda. Masing-masing berwarna merah, biru dan putih. Dan warna tersebut dapat berubah-ubah. Dengan ketinggian 1.639 mdpl, gunung Kelimutu memiliki beberapa flora dan fauna yang beragam seperti Kesambi, Cemara dan Bunga Abadi. Beberapa fauna yang juga ditemukan berada di sekitar danau seperti rusa, babi hutan, ayam hutan dan elang. Anda bisa turun di Bandara Ende atau Bandara H. Hasan Aroeboesman.

6 dari 7 halaman

6. Gunung Kerinci

6. Gunung Kerinci
Pendaki akan disuguhkan pemandangan bak negeri di atas awan saat berada di puncak Gunung Kerinci. Foto diambil pada 15 Mei 2015. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Gunung yang memiliki ketinggian 3.805 mdpl ini merupakan gunung tertinggi kelima di Indonesia. Gunung ini terletak di Jambi, Sumatera. Gunung ini merupakan gunung merapi tertinggi yang berada di Indonesia. Yang menjadikan gunung ini menarik karena disinilah terdapat beberapa jenis pohon mahoni dan bunya raksasa raflesia Arnoldi. Berbagai jenis fauna khas Sumatera masih banyak terdapat di sekitar Taman Nasional Kerinci.

Beberapa fauna khas Sumatera yang bisa ditemukan di Taman Nasional Kerinci seperti gajah, beruang madu, badak sumatera, harimau, dan macan tutul. Yang juga menarik adalah berbagai jenis burung sekitar 140 jenis burung tinggal di Taman Nasional Kerinci. Bahkan beberapa primata juga diketahui masih mendiami Taman Nasional Kerinci. Menarik dan eksotis dengan kekayaan flora dan faunanya. Anda bisa turun di Bandara Internasional Minangkabau di Sumatera Barat, kemudian melanjutkan perjalanan darat menuju Gunung Kerinci.

7 dari 7 halaman

7. Dataran Tinggi Dieng

7. Dataran Tinggi Dieng
Suasana Gunung Prau dipadati pendaki yang ingin merayakan HUT RI 70 di puncak Gunung ini
Meskipun bukan termasuk bagian dari gunung namun dataran tinggi Dieng ini merupakan tempat yang paling menarik untuk melihat keindahan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dengan ketinggian sekitar 2.000 mdpl, dataran Dieng memiliki beberapa kawah aktif yang masuk dalam pemantauan pos pengamatan Dieng. Anda bisa turun di Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta atau Bandara Ahmad Yani, Semarang kemudian melanjutkan perjalanan darat ke Dataran Tinggi Dieng.

Sumber: Reservasi.com

 

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.