Sukses

10 Karakteristik Keluarga yang Hasilkan Anak Cerdas

Berikut 10 karakteristik dari sebuah kelaurga yang cerdas.

Liputan6.com, Jakarta Bagaimana caranya mewujudkan sebuah keluarga dengan anak-anak yang terdidik cerdas? Walaupun ini bukan hal yang sulit untuk diwujudkan, namun hal ini memerlukan waktu, kesabaran dan usaha yang besar. Berikut 10 karakteristik yang dapat Anda tiru dari sebuah keluarga yang suskses menghasilkan anak-anak cerdas. Seperti dilansir dari dummies.com, Selasa (29/12/2015).

1. Bersedia berkorban untuk satu sama lain
Buatlah sebuah moto di dalam keluarga Anda. Anda harus dapat memastikan bahwa setiap anggota keluarga Anda mengetahui peran mereka masing-masing dan mau menjalankannya dengan baik, walaupun terkadang dibutuhkan pengorbanan untuk itu. Kebaikan, kerjasama dan kasih sayang harus menjadi moto hidup keluarga Anda. Di dalam sebuah keluarga yang sehat, setiap anggota keluarga mampu memberikan lebih banyak waktu, energi dan hal-hal lainnya untuk anggota lainnya, walaupun terkadang mereka mengeluh.
Ingatlah bahwa anak-anak yang cerdas harus benar-benar merasakan dan memahami bahwa setiap anggota keluarganya selalu ada untuk satu sama lain. Perkuat hal ini. Tanamkan pada semua anggota keluarga Anda bahwa mereka akan mendapatkan lebih dari apa yang mereka berikan. Ini adalah keluarga yang akan menghasilkan anak-anak yang lebih percaya diri.

2. Menghormati satu sama lain
Jangan menunda untuk berkumpul bersama keluarga Anda. Berkumpul bersama keluarga bukan berarti tidak menghormati kepentingan individual. Setiap anak memiliki kemampuan untuk menjadi pintar. Dengan menghormati ide dan hobinya, Anda mengizinkan kemampuan itu untuk tumbuh.

Rasa hormat adalah kemampuan anak yang didapatkan dari observasi. Jika Anda mampu mendengarkan mereka, tanpa menghakimi dan bersikap hormat terhadap semua orang dengan segala usia, anak Anda akan memahami bahwa setiap orang patut untuk dihormati. Pesan ini mungkin tidak dapat diterapkan secara langsung, namun bersikap sopan dan hormat dapat ditularkan.

3. Ada untuk satu sama lain
Keluarga yang cerdas sangat menikmati kebersamaan satu sama lain. Ada sensasi tersendiri saat mengalami petualangan bersama-sama. Anda dapat membuat rumah Anda seperti sekolah dengan menerapkan cara belajar yang menyenangkan, sehingga intelektualitas anak Anda akan tumbuh. Buatlah kegiatan membaca, mendengarkan musik dan bermain menjadi kegiatan rutin yang harus dilakukan bersama-sama. Namun Anda harus mengizinkan mereka melakukan hobi mereka sendiri-sendiri, dan tetap menjadi pendengar yang baik ketika mereka menceritakan tentang apa yang mereka lakukan.

4. Komunikasi Satu Sama Lain
Menciptakan suatu keluarga yang cerdas tergantung bagaimana kemampuan untuk saling mengerti satu sama lain, walaupun itu bukan proses yang mudah. Bagaimana sifat dari anggota keluarga Anda, biarkan mereka merasa bahwa mereka dimengerti.
Lakukan diskusi selama perkumpulan dengan anggota keluarga yang lainnya, tunjukkan bahwa Anda memahami apa yang mereka sampaikan, pahami bahwa tidak akan pernah terlambat untuk menyampaikan suatu hal, dan katakan, tulis atau lakukan sesuatu yang positif keluarga Anda setiap hari. Ini akan mengarahkan setiap orang dalam keluarga Anda ke arah yang baik.

5. Belajar dari Kesalahan satu sama lain
Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa hal. Seperti, berbagi kebijaksanaan, melewati hal yang buruk bersama-sama, belajar dari anak Anda, dan lakukan kesalahan. Berbagi kebijaksanaan dapat dilakukan dengan membiarkan situasi terjadi apa adanya. Anda dapat mulai mencoba mengembangkan sikap tidak peduli, agar anak-anak merasakan hasilnya dan menjadikannya pengalaman. Melewati hal yang buruk dapat dilakukan dengan bertanya pada diri Anda sendiri, "Hal terburuk apa yang dapat saya dapat di sini?". Jika Anda mampu melewatinya, maka Anda dapat melewati semua hal. Belajar dari anak dapat dimulai dengan mengakui bahwa tidak semua hal yang Anda lakukan adalah benar. Anda dapat mulai melihat dunia dari sisi pandang anak-anak Anda, dengan begitu Anda akan belajar memberi dan menerima. Sedangkan, dengan membiarkan anak-anak Anda melihat Anda melakukan kesalahan akan menjadi contoh bagi mereka untuk melihat bagaimana Anda menangani kesalahan yang Anda buat.

6. Hargai usaha, bukan hasil
Jangan menetapkan suatu standart yang Anda sendiri tidak dapat memenuhinya. Anak Anda akan menilai dirinya dari bagaimana orang lain menilai mereka. Jadi biarkan mereka mengetahui mana hal-hal yang benar-benar penting. Rayakan prestasi anggota keluarga Anda, sekecil apapun itu. Menjadi cerdas adalah melakukan segala sesuatu yang terbaik yang Anda bisa.

7. Pecahkan masalah bersama-sama
Keluarga yang cerdas akan melibatkan semua anggotanya untuk mengambil keputusan yang penting. Sebagai orang tua, Anda tidak boleh otoriter. Sebagai anak mereka akan belajar mandiri dan dewasa saat di sekolah, namun saat di rumah, mereka adalah tanggung jawab Anda. Buat anak-anak Anda mengerti batasan-batasan mereka.

8. Menciptakan lingkungan belajar
Keluarga cerdas akan terus belajar bersama-sama. Sebagai orang tua, Anda harus terlibat dalam pembelajaran anak Anda, sehingga Anda juga terdorong untuk terus belajar dan anak Anda merasa aman.

9. Reaksi yang baik
Keluarga yang cerdas menyadari bahwa mereka sepenuhnya adalah manusia. Sempurna mungkin adalah dambaan semua orang, namun Anda harus memahami bahwa tidak ada manusia yang sempurna, begitupun dengan Anda. Bantu keluarga Anda untuk melihat keberhasilan dengan rendah hati dan kegagalan dengan rasa syukur. Ingatlah bahwa tidak ada yang mampu membuat Anda dengan mudah melewati masa-masa sulit, selain humor.

10. Tunjukkan rasa cinta
Satu hal yang paling terlihat dari suatu keluarga yang cerdas adalah cinta tanpa syarat antara satu orang dengan lainnya. Tidak peduli apapun latar belakang keluarga Anda, anak-anak Anda akan sukses apabila Anda menerapkan rasa cinta dalam proses pengasuhan Anda.

Membesarkan anak yang cerdas tidak berbeda dengan membesarkan anak-anak lainnya. Yang terpenting adalah keluarga Anda harus dipenuhi oleh kasih sayang, kehangatan, dan tindakan yang positif. Ini akan meningkatkan kecerdasan dan kesuksesan anak-anak Anda.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini