Sukses

Inspirasi Tema Shabby Chic untuk Rumah Anda

Tren dekorasi yang tengah ramai diadopsi restoran ini sangat manis diterapkan untuk rumah Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Gaya shabby chic yang identik dengan bunga-bunga dan warna pastel tak lekang oleh waktu untuk diadopsi menjadi desain interior.

Memiliki kesan feminine, shabby chic merupakan desain kombinasi dari beberapa bentuk interior dengan warna pastel yang senada.

Pilihan ornamennya pun beragam mulai dari aksesoris buatan tangan sampai kain vintage bisa Anda temukan di flea market* atau toko ritel.

Dengan sedikit sentuhan, Anda bahkan bisa menemukan barang-barang shabby chic di depan mata. Model ini terbilang timeless, atau tak lekang oleh waktu.

Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk Anda mengadaptasi cara ini. Berikut ini beberapa ide interior dari Rumah.com yang bisa Anda contek seperti ditulis Kamis (7/1/2016).

1. Pilihan Kursi Sofa yang Unik

Percaya atau tidak, beanbag atau sofa tanpa rangka yang berisi Styrofoam ini adalah bagian dari ciri khas gaya shabby chic.

Bahkan Rachel Ashwell, yang mempopulerkan gaya "shabby chic" pada tahun 80an menggunakan sofa bean bag di salah satu koleksi furniture Shabby Chic Couture nya. Contoh di atas adalah beanbag dengan material bulu berwarna putih yang sangat nyaman menemani waktu membaca buku.

 

2. Meja Makan Klasik

Ciptakan gaya shabby chic dengan memilih kombinasi furnitur dengan warna bernuansa putih. Untuk ruang makan, letakkan karpet dengan warna memudar di atas set meja makan.

Jika meja makan dan kursi terlihat kurang pas, tinggal tambahkan sarung busa untuk membuatnya terlihat serupa.

3. Bingkai Antik Untuk Menambah Nilai Seni

Kaca yang dibungkus oleh bingkai antik akan memberikan sentuhan artistik yang apik pada dinding Anda. Pajang beberapa bingkai yang ditata berdekatan di dinding dekat sofa. Anda bisa membeli bingkai antik ini di sejumlah toko antik atau flea market*.

4. Berikan Sentuhan Shabby Chic pada Kursi Formal

Kursi formal yang telah usang bisa Anda sulap menjadi kursi dengan sentuhan vintage. Anda tinggal mengubah material bahan di bagian sofa dan whalaa! Kursi bergaya abad 18 siap mempercantik ruangan Anda.

5. Terangi Ruangan dengan Lampu Kristal Gantung

Jika Anda menyukai gaya modern, lampu kristal gantung selalu jadi signature style yang pas untuk memberi gaya elegan yang unik di sebuah ruangan. Gantung lampu ini di atas meja atau di pojok ruangan untuk memberikan cahaya yang terang.

6. Siapkan Serbet Makan Berbahan Linen di Meja Makan

Berikan suasana santap saji menjadi lebih menyenangkan dengan serbet makan lipat yang terdiri dari beberapa warna pastel bermotif yang imut.

7. Ciptakan Nuansa Pantai di Kamar Tidur

Seprai kasur yang berwarna putih polos bisa membawa nuansa terang dan istirahat yang tenang di ruangan kamar Anda.

Agar tidak terlihat membosankan, pilih bahan yang bertekstur seperti lipatan jahitan ataupun emboss. Anda juga bisa memilih bahan bermotif bunga-bunga sesuai selera.

8. Bawa gaya shabby chic di luar ruangan

Sedikit sentuhan elemen shabby chic bisa mempercantik furnitur outdoor di rumah Anda. Contohnya untuk meja yang satu ini, akan terlihat sangat elegan jika diletakkan di taman dan dikelilingi oleh kursi putih berbahan metal.

9. Letakkan Laci Putih

Lemari simple yang berbalut warna putih menjadi cara mudah untuk menciptakan gaya shabby chic lebih hidup. Untuk laci ukuran kecil, Anda bisa meletakkannya di pintu masuk rumah, ruang kantor rumah yang feminin, atau bahkan di ruang makan untuk menjadi furniture penyimpanan bergaya elegan.

Buat laci putih lebih cantik dengan kenop vintage bisa Anda tambahkan warna emas atau perak.

10. Sajikan Teh di Set Cangkir Vintage

Keramik khas Tiongkok selalu memberikan sentuhan mewah yang menaik. Begitu pula ketika hendak menyajikan segelas cangkir teh. Gunakan set cangkir keramik dengan motif vintage yang sangat menawan di tengah suasana shabby chic ruangan Anda.

*Flea market adalah pasar kaget atau dadakan yang menyediakan barang layak pakai, namun hampir semuanya adalah barang bekas. (Fathia/Ahm)

Artikel ini diadaptasi dari Styleathome.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.