Sukses

Libur Akhir Tahun, Objek Wisata Tanah Lot Banjir Pengunjung

Tanah Lot di Bali masih menjadi destinasi wisata favorit utnuk menghabiskan waktu liburan akhir tahun.

Liputan6.com, Bali Objek wisata Tanah Lot yang ada di Kabupaten Tabanan, Bali, dibanjiri puluhan ribu wisatawan mancanegara dan nusantara setiap harinya pasca-Hari Natal dan menyambut tahun baru 2016.

"Pada hari Natal yang bertepatan dengan liburan panjang anak-anak sekolah sejak H-5 sudah menunjukkan peningkatan yang signifikan," kata Manajer Operasional Daerah Tujuan Wisata (DTW) Tanah Lot, Ketut Toya Adnyana, kepada Antara Minggu (27/12/2015).

Toya mengatakan, pada hari-hari biasa kunjungan rata-rata berkisar 7-8 ribu orang, kini pada akhir tahun meningkat menjadi rata-rata 23.000 orang.

Angka kunjungan tersebut meningkat rata-rata 30 persen setiap harinya dibandingkan tahun 2014.

Melihat peningkatan pengunjung terjadi cukup signifikan, pihaknya memastikan seluruh sarana dan prasarana yang ada di kawasan DTW Tanah Lot dapat mencukupi untuk menerima kedatangan pengunjung yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara.

"Untuk mengantisipasi tindakan kejahatan di tempat wisata ini kami telah melakukan kerjasama dengan pihak kepolisian dan pecalang petugas keamanan desa adat setempat dan mudah-mudahan selalu aman dan nyaman," kata Ketut Toya Adnyana.

Tanah Lot yang merupakan salah satu pura kuno di Bali menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan karena jaraknya yang tidak jauh dari Kota Denpasar. Berjarak sekitar 15 km barat daya Kota Denpasar, yang lokasinya "bertengger" di atas batu karang Pantai Beraban, Bali selatan di dekat Samudera Indonesia, Tanah Lot juga dikenal memiliki pemandangan yang sangat indah.

Tempat suci umat Hindu, sekaligus objek wisata andalan itu, selama ini menyimpan misteri dan keunikan yang membuat pelancong "wajib" mengunjunginya .

Daya tarik yang dimiliki pura kuno peninggalan abad XVI dalam menyedot kunjungan turis domestik dan mancanegara itu, telah menjadikan Tanah Lot sebagai daerah yang mampu menempati urutan teratas, menyusul objek wisata Pura Uluwatu di Kabupaten Badung, sebagai objek wisata terbanyak kedua dikunjungi turis yang datang ke Bali.

Penataan kawasan objek wisata Tanah Lot kini lebih mengedepankan nuansa religius yang dipadukan dengan panorama dan keindahan alam. Tak heran jika Tanah Lot menjadi destinasi wisata terfavorit di Bali, baik itu bagi wisatawan domestik maupun pelancong asal mancanegara yang ingin menghabiskan waktu liburan akhir tahun bersama keluarga tercinta.

 

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini