Sukses

Tips Cegah Penuaan Dini

Ingin mencegah timbulnya kerutan dan keriput pada wajah sebelum waktunya? Ikuti tips berikut ini,

Liputan6.com, Jakarta Jalan pintas dengan yang berisiko tinggi, sering menjadi solusi para wanita saat ini. Mulai dari operasi plastik hingga penyuntikan silikon demi mengencangkan kulit wajah dalam waktu instan.

 

Sebenarnya, ada hal-hal mudah dan praktis yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya kerutan dan keriput sebelum waktunya. Seperti yang dikutip dari theheathsite.com Sabtu 27 Desember 2015, ada beberapa faktor yang mempengaruhi proses penuaan dini dan dapat Anda atasi.

1. Perhatikan asupan makanan.

Kenali jenis kulit wajah Anda. Untuk Anda yang mudah berjerawat kurangi jenis makanan seperti susu, keju dan udang. Konsumsilah makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti gandum agar asupan nutrisi bagi kulit tercukupi. Tak lupa, konsumsi minimal 3-4 porsi buah dalam sehari yang mengandung Vitamin A dan 80% air seperti pepaya dan anggur.

Perlu diketahui kandungan endungeoned pycnogenol pada biji anggur juga baik bagi elastisitas kulit wajah. Sementara itu zat resveratrol pada kulit buah anggur membantu proses peremajaan sel-sel kulit mati.

2. Rutin menggunakan masker.

Perawatan yang satu ini cukup dilakukan seminggu 2 kali. Untuk kulit bibir yang pecah-pecah gunakan masker alami dari buah stroberi yang sudah dihancurkan bersama perasan jeruk nipis. Sedangkan agar kulit wajah kenyal gunakan masker bengkuang parut dan air rendaman bunga mawar. 

3. Tabir surya wajib diaplikasikan.

Anda akan merasakan hasilnya 15 tahun mendatang. Agar wajah terhindar dari timbulnya flek hitam dan rona wajah tidak merata, aplikasikan tabir surya sebelum Anda beraktivitas ke luar rumah. Hindari paparan sinar matahari langsung pada pukul 11.00-14.00 karena paparan radiasi yang ada dapat merusak lapisan kolagen dan membuat kulit jadi kasar.

4. Hindari rokok.

Seluruh senyawa yang terkandung di dalam rokok tidak berguna dan mengancam kesehatan kulit wajah. Selain kulit akan menipis, aliran darah yang tidak lancar akan mengakibatkan kulit kekurangan oksigen. Asap rokok juga dapat menyebabkan timbulnya zat-zat toksik pada lapisan kulit. Perokok pasif maupun aktif akan menyebabkan kulit terlihat lebih tua dan kusam. Garis-garis halus pun akan terbentuk di sekitar bibir apabila kebiasan merokok tidak dihentikan.

5. Penggunaan krim pelembap yang tepat.

Untuk Anda yang sudah berusia 25 tahun ke atas. gunakan krim pelembap yang mengandung retinol untuk mencegah penuaan dini. Agar maksimal gunakan krim pelembap dengan kandungan UV protection di pagi hari. Sedangkan untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, pilih pelembap dengan kandungan water based. Namun apabila Anda akan melakukan perjalanan ke negara beriklim dingin, pastikan pelembap Anda mengandung alpha hydroxy acid untuk melindungi kulit dari dehidrasi dan kulit pecah-pecah.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini