Sukses

Cara Meningkatkan Kualitas Foto Traveling Anda

Berikut 5 tips untuk meningkatkan kualitas foto perjalanan Anda selanjutnya.

Liputan6.com, Jakarta Perasaan ingin berbagi foto-foto menarik dari tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya kepada orang lain mendorong tiap orang untuk menghasilkan foto perjalanan yang terbaik. Apalagi kini banyak bermunculan gawai berkualitas super dengan harga yang terjangkau. Namun demikian, belum banyak orang yang memaksimalkan fungsi gawai, khususnya ponsel, untuk menghasilkan foto perjalanan yang menarik.

 

Seperti dikutip dari theeverygirl.com, Jumat (25/12/2015), berikut cara-cara untuk meningkatkan kualitas foto perjalanan Anda selanjutnya

1. Pendekatan Subyek Secara Berbeda

Cara Meningkatkan Kualitas Foto Travelling Anda. Sumber : theeverygirl.com

Saat ini Instagram memudahkan Anda melihat siapa pergi kemana dan melakukan apa. Jika Anda pergi ke suatu tempat baru, jangan tiru apa yang orang lain lakukan, fokuslah pada pengalaman Anda sendiri. Ambil foto dari perspektif yang berbeda dengan kebanyakan orang. Ini akan melatih Anda untuk melihat segala hal dengan cara yang berbeda.
Kita semua pasti pernah melihat Menara Eiffel, entah itu langsung atau tidak. Namun, bagaimana membuat foto dengan perspektif yang berbeda dari Menara Eiffel? Lakukan hal-hal sederhana untuk membuat foto Menara Eiffel Anda berbeda. Ingat, bahwa Anda membuat foto berdasarkan apa yang Anda lihat dan Anda sukai, bukan berdasarkan pengalaman dari orang lain. Jangan sampai foto-foto orang lain di media sosial membuat Anda merasa harus mengambil foto dengan cara tertentu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Asah Kemampuan Mengambil Detail

2. Asah Kemampuan Mengambil Detail

Cara Meningkatkan Kualitas Foto Travelling Anda. Sumber : theeverygirl.com

Hal-hal kecil seperti tanda untuk bahasa asing atau produk-produk yang tidak pernah Anda temui sebelumnya dapat membuat membuat perbedaan dan meningkatkan kualitas foto perjalanan Anda.
Perhatikan hal-hal yang menonjol dari tempat yang Anda kunjungi. Ini tidak hanya akan membantu Anda sadar akan keunikan tempat tersebut, namun juga memungkinkan untuk membuat Anda menghargai detail-detail yang biasanya Anda lewatkan. Pertama-tama, Anda dapat mencari pola, warna atau suatu elemen yang umum dari tempat tersebut. Ini terdengar sederhana, namun dapat memberitahu Anda banyak hal dari suatu tempat.

3 dari 5 halaman

Turunkan Tekanan

3. Turunkan Tekanan

Cara Meningkatkan Kualitas Foto Travelling Anda. Sumber : theeverygirl.com

Kesalahan yang banyak dilakukan saat ini adalah Anda memberi tekanan yang besar pada diri Anda sendiri bahwa Anda harus membuat suatu foto yang sangat bagus untuk dimasukkan ke dalam Instagram. Sehingga, Anda akan menghabiskan waktu liburan Anda di belakang kamera, daripada menjelajahi tempat-tempat baru. Anda akan pulang dengan banyak foto baru yang tidak benar-benar Anda sukai.
Hindari merasa harus mengambil foto dari segala segala sesuatu yang Anda lewati. Cobalah untuk benar-benar merasakan keberadaan Anda, sehingga ketika Anda membuat sebuah foto, itu adalah foto yang benar-benar Anda sukai. Anda juga boleh mencoba untuk meninggalkan kamera Anda di hotel, dan gunakan kamera pada telepon genggam Anda. Anda akan kagum pada banyaknya hal yang dapat Anda jelajahi.

4 dari 5 halaman

Ketahui Kamera Anda Sendiri dan Cara Membuat Foto

4. Ketahui Kamera Anda Sendiri dan Cara Membuat Foto

Cara Meningkatkan Kualitas Foto Travelling Anda. Sumber : theeverygirl.com

Mungkin Anda pernah melakukan sebuah perjalanan besar dan membeli sebuah kamera baru untuk digunakan selama perjalanan. Kesalahan yang umum terjadi adalah banyak orang tidak berusaha mengenali kameranya sendiri. Setelah membeli kamera baru, usahakan Anda memiliki waktu untuk mempelajari pengaturan pada kamera Anda. Hal ini akan membuat perbedaan yang besar pada kualitas foto perjalanan Anda. Anda tidak lagi membuang-buang waktu untuk mencari dimana penyimpanan foto-foto Anda.

5 dari 5 halaman

Buatlah Cerita

5. Buatlah Cerita

Cara Meningkatkan Kualitas Foto Travelling Anda. Sumber : theeverygirl.com

Mungkin Anda pernah membaca majalah traveling dan bertanya-tanya bagaimana membuat foto seperti itu. Bagian yang mungkin tidak Anda mengerti adalah mereka bercerita melalui foto mereka. Anda akan sering melihat foto-foto makanan, alam bebas, penduduk lokal, dan detail dari ruangan yang mampu memberikan suatu cerita yang indah.

Dalam perjalanan Anda berikutnya, Anda juga dapat menerapkan ini pada foto-foto hasil jepretan Anda sendiri. Lakukan dari hal sederhana, seperti membuat foto dari barang-barang yang ada di dalam kamar hotel, atau dinding grafiti yang ada di jalan-jalan. Tidak harus spesifik mengenai sesuatu, namun buatlah foto perjalanan yang mampu bercerita dengan sederhana dan indah.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.