Sukses

Solo Traveling? Bukan Masalah Lagi!

Berikut 9 tips agar solo traveling menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

Liputan6.com, Jakarta Aktor Danny Kaye pernah mengatakan, "Travelling adalah perjalanan yang akan membawa kita kepada diri kita sendiri."
Anda mungkin sering merasa ragu saat ingin berpergian sendirian, namun sebenarnya dengan berpergian sendirian ada kebebasan, ada waktu untuk istirahat, dan merelaksasi diri Anda sendiri.

Sosiolog di New York University sekaligus penulis buku Going Solo, Eric Klinenberg, juga pernah mengatakan, "Ada begitu banyak kecemasan budaya di berbagai negara yang menyebabkan kita gagal dalam menghargai manfaat dari kesendirian."

Berikut 9 tips agar solo traveling menjadi suatu pengalaman yang tak terlupakan, seperti dilansir dari theeverygirl.com, Jumat (25/12/2015).

1. Pergi ke Dunia Baru
Dalam dunia yang serba terhubung saat ini, akan sangat menggembirakan bagi Anda saat Anda dapat mengukir waktu untuk Anda sendiri. Beritahu keluarga dan teman terdekat Anda bahwa Anda akan pergi ke suatu tempat yang jauh dan dalam waktu yang cukup lama tidak akan bisa dihubungi melalui ponsel atau media sosial apapun.

Hindari segala bentuk bunyi-bunyian, kebutuhan untuk mengisi daya listrik pada benda-benda eletronik Anda. Dan gantikan ini dengan pemandangan baru, hirup udara segar dan bunyi-bunyian alam bebas dari tempat-tempat yang belum pernah Anda kunjungi. Ini akan menjadi pengalaman yang benar-benar baru dan menakjubkan bagi Anda. Anda akan merasa benar-benar hidup, tidak lagi bergantung pada apapun hal-hal di sekitar Anda.
Selain itu, orang-orang terkasih Anda akan menyambut kehadiran "Anda yang baru".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Tuliskan Semuanya

2. Tuliskan Semuanya
Tuliskan apapun dalam jurnal pribadi Anda setiap hari. Jika Anda tidak pernah mencoba menulis, coba lakukan dari sekarang. Apapun yang Anda temui dalam perjalanan Anda, dapat Anda tuangkan di jurnal Anda. Anda dapat menggambar, mewarnai atau hanya sekadar menuliskan apa yang Anda lakukan hari ini. Ini dapat menjadi kenangan tersendiri bagi Anda, ketika beberapa tahun dari sekarang, Anda membuka kembali dan membaca jurnal tersebut. Buat blog atau mengirimkan kartu pos, apapun bentuknya, yang terpenting mulailah untuk menulis.

3 dari 9 halaman

Latih Kreativitas Anda

3. Latih Kreativitas Anda
Seni mempunyai cara untuk menenangkan pikiran dan hati Anda. Anda dapat mulai melatih kreativitas Anda dari hal-hal yang sederhana, seperti mengambil foto dari kamera ponsel Anda, menggambar atau melukis pemandangan yang menurut Anda indah. Kreativitas ini akan membuat pengalaman Anda tetap berkesan sampai kapanpun.

4 dari 9 halaman

Temui Penduduk Lokal

4. Temui Penduduk Lokal
Jangan takut untuk memulai percakapan dengan orang asing sepanjang perjalanan Anda. Mungkin beberapa kali Anda melihat sesama traveler dengan pakaian dan perhiasan yang lebih baik dibanding Anda atau ransel-ransel yang ditempeli dengan pernak-pernik dari berbagai tempat yang menunjukkan bahwa orang tersebut telah banyak mengunjungi tempat-tempat di dunia.

Salah satu bagian dari traveling adalah melangkahkan kaki Anda ke tempat-tempat yang baru dan berbeda untuk merasakan suasana, budaya dan kehidupan yang berbeda. Kehidupan dari tempat yang sedang Anda datangi saat ini mungkin akan memberikan kesan tersendiri bagi Anda. Sebaliknya, Anda mungkin hal yang juga baru bagi penduduk setempat. Ini memungkinkan Anda untuk menjalin hubungan baru yang baik dengan orang baru.

5 dari 9 halaman

Tinggal Bersama Penduduk Lokal

5. Tinggal Bersama Penduduk Lokal atau "Temannya Teman"
Anda tidak akan pernah merasa kesepian, ketika Anda dikelilingi oleh penduduk setempat yang begitu bersemangat untuk menunjukkan pemandangan dan tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi. Atau bahkan mereka juga akan menawari Anda tinggal bersama mereka. Ketika Anda tinggal bersama penduduk setempat, Anda dapat mempelajari bahasa daerah mereka, bahkan cara mereka memasak. Dengan ini, Anda tidak akan pernah lagi merasa kesepian.

6 dari 9 halaman

Mencoba Hal Baru

6. Mencoba Hal Baru
Anda dapat mencoba keluar dari zona nyaman Anda untuk melihat hal-hal yang baru, melihat dunia dengan cara pandang yang baru. Anda biasanya menggunakan mobil atau taksi untuk pergi dari satu tempat ke tempat lainnya? Cobalah untuk berjalan kaki. Anda terbiasa travelling menggunakan pesawat? Cobalah dengan kereta api. Cobalah kano untuk menyusuri sungai, bersepeda seharian, naik becak atau bahkan berkuda di malam hari. Hal-hal ini dapat menjadi motivasi baru bagi Anda untuk keluar dari rumah dan mencoba hal-hal baru.

7 dari 9 halaman

Tetap Berhati-Hati

7. Tetap Berhati-Hati
Tentu saja sangat menyenangkan untuk melakukan sebuah perjalanan yang benar-benar baru. Namun, traveling sendiri bukan tanpa resiko apapun. Anda tetap harus mempertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan untuk tinggal bersama dengan orang asing, atau Anda dapat mencari terlebih dahulu di internet penginapan-penginapan yang sering digunakan oleh traveler di tempat tujuan Anda. Bagaimana pun Anda akan menginginkan sebuah perjalanan yang aman dan nyaman.

8 dari 9 halaman

Telepon Ibu Anda

8. Telepon Ibu Anda
Jika Anda merasa benar-benar kesepian, tidak masalah untuk menelepon Ibu atau teman terdekat Anda. Tidak papa untuk "menyerah" dan berhubungan kembali dengan orang-orang terbaik dalam hidup Anda, jika memang diperlukan. Ini akan sangat Anda butuhkan, ketika perjalanan Anda memakan waktu yang lama.

9 dari 9 halaman

Rasakan Momennya

9. Rasakan Momennya
Walaupun terdengar mengerikan, namun perjalanan yang benar-benar baru memberikan kesempatan bagi Anda untuk tumbuh, memiliki harapan dengan tempat dan orang-orang yang baru. Selain itu, Anda dapat belajar untuk menjadi sahabat terbaik bagi diri Anda sendiri. Piknik di pantai sendirian, minum kopi sendirian dengan buku bagus untuk dibaca.

Solo traveling dapat menjadi awal untuk pertemuan baru, persahabatan baru, keterampilan baru serta cerita dan penemuan yang menyenangkan dan tak terhingga.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini