Sukses

Bangun Tidur Bukan Segar Malah Pegal? Ini 7 Penyebabnya

Berikut ini tujuh penyebab kualitas tidur Anda jadi rusak, bangun pegal-pegal, dan badan sakit. Dari jendela, bantal, sampai tanaman hias.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda bangun tidur bukan dalam keadaan segar, tetapi sebaliknya, kepala pusing, tenggorokan gatal, atau batuk? Kemungkinan besar selain kondisi iklim atau kesehatan, ada yang salah dengan cara, posisi, dan tempat tidur Anda.

Seperti dilansir dari about.com pada Kamis (24/12), Liputan6.com merangkum beberapa hal yang menjadi penyebab kualitas tidur rusak sehingga Anda malah jadi sakit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Bantal

Jangan remehkan sarung bantal.
Setelah menjalani hari yang berat akan timbul perasaan lega ketika Anda sudah membenamkan kepala ke bantal. Namun, mungkin Anda tak sadar bahwa dalam bantal menyimpan cukup banyak bakteri, jamur, dan tungau. Paling tidak Anda harus mengganti bantal satu tahun sekali jika tidak dicuci untuk menghindarkan dari penyakit.

3 dari 8 halaman

Tanaman hias

foto: architecturendesign.net
Untuk mempercantik ruang tidur, mungkin Anda bisa menambahkan beberapa tanaman hias. Namun, ternyata hal ini dapat mengancam kesehatan Anda ketika tidur. Akar tanaman hias yang membusuk karena kekurangan air akan menerbangka spora jamur dan menularkannya pada Anda ketika tidur sehingga menjadi alergi. Salah satu solusi untuk mencegahnya, adalah jangan biarkan tanaman hias Anda kering.

4 dari 8 halaman

Hewan peliharaan

Siapa sangka hewan-hewan berikut mampu mendeteksi penyakit dan bahaya yang akan menimpa majikannya
Jika memilki kebiasaan untuk membiarkan hewan peliharaan tidur bersama Anda, berhati-hatilah. Sebab, bulu, debu, spora jamur, atau bakteri yang menempel pada tubuh mereka dapat menimbulkan penyakit. Hal ini jelas akan mengganggu kualitas tidur dan yang lebih parah membuat Anda sakit saat bangun.

5 dari 8 halaman

Lilin

Lilin tersedia dalam tiga rasa. (foto: Metro.co.uk)
Lilin, khususnya yang memiliki aroma memang memberikan suasana santai dan romantis saat Anda meletakannya di ruang tidur. Namun, ternyata hal ini bisa berbahaya karena beberapa lilin mengandung bahan kimia berbahaya, seperti benzena dan toulena. Bagi Anda yang memiliki alergi dengan bahan kimia bisa mempengaruhi kesehatan Anda.

6 dari 8 halaman

Vacum Cleaner

Vacum Cleaner (Sumber. letyourselfgrow.co.uk)
Membersihkan ruang tidur yang mungkin menggunakan karpet lebih mudah dengan vacum cleaner. Namun, seusai menggunakannya, jangan diletakan di ruang tidur Anda karena sisa debu atau spora jamur yang tidak tersedot dengan benar bisa terhisap dan memicu penyakit.

7 dari 8 halaman

Jendela

Jendela (Sumber. relaxseaside.com)
Seringkali saking lelahnya beraktivitas, Anda lupa untuk menutup jendela kamar saat tidur. Mungkin terdengar sepele, tetapi memiliki dampak serius, di mana udara dan angin yang masuk bisa menerbangkan debu, spora jamur, dan sisa aroma bahan kimia berbahaya dari perabot. Ketika menghirupnya sudah pasti berbahaya untuk kesehatan Anda.

8 dari 8 halaman

Kasur

Bagi para pecinta mobil, wajib mengunjungi hotel ini dan rasakan sensasinya!
Salah satu benda yang memiliki peran vital menjadi faktor Anda sakit saat terbangun adalah kasur. Bisa dibilang manusia menghabiskan hampir sepertiga hidupnya di kasur. Oleh karena itu, menjaga kebersihan kasur Anda menjadi suatu hal penting agar terhindar dari ragam penyakit.

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini 
** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini