Sukses

5 Hal Tak Terduga yang Bikin Anda Susah Tidur

Ada hal-hal yang tak terduga yang mungkin menyebabkan Anda sulit tidur.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda seringkali terbangun pada malam hari atau tidak bisa tidur dengan pulas sepanjang malam? Insomnia merupakan permasalahan masyarakat urban saat ini yang seringkali merepotkan. Mungkin telah banyak nasihat untuk menyelesaikan masalah ini, mulai dari menjauhkan ponsel sebelum Anda tidur atau tidak makan terlalu mendekati jam tidur. 

Namun, di samping itu, ada pula hal-hal yang tak terduga yang mungkin menyebabkan Anda sulit tidur. Apa saja hal itu? Berikut seperti dikutip dari Metro.co.uk, Selasa (22/12/2015). 

1. Tidur tidak teratur
Jika Anda kerap kali kurang tidur, mungkin akhir pekan adalah sarana Anda untuk membalas dendam tidur. Namun, itu justru membuat Anda tidur tidak teratur, sehari-hari kurang tidur tetapi ada hari Anda terlalu banyak tidur. Maka lebih baik, Anda tidur teratur setiap harinya pada jam yang sama. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sulit tidur

2. Kamar berantakan

Ilustrasi kamar hotel. (Istimewa)
Anda mungkin mengatakan, kamar berantakan lebih nyaman untuk ditiduri daripada kamar yang super rapi. Namun kenyataannya terbalik, kamar yang berantakan justru akan mempersulit Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. 

3. Anda sedang haid
Tak hanya membuat moody, siklus menstruasi juga ternyata berperan membuat Anda insomnia. Perubahan kadar estrogen dalam tubuh menjadi penyebabnya. 

4. Olahraga
Olahraga terlalu mendekati jam tidur akan berdampak pada kesulitan tidur pada malam hari. Karenanya, supaya kualitas tidur Anda tidak terganggu jangan berolahraga berat pada malam hari menjelang Anda tidur. 

5. Minum minuman beralkohol
Minum minuman beralkohol mungkin akan memudahkan Anda untuk tertidur, tetapi siapa sangka kualitas tidur Anda justru memburuk karena hal ini. Tingkat kesadaran yang tidak terjaga dengan baik, mengakibatkan Anda terbangun dengan kepala yang terasa berat.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.