Sukses

Tips Aman Transaksi Online

Banyaknya situs belanja online memang memudahkan, namun Anda juga perlu waspada dalam bertransaksi online.

Liputan6.com, Jakarta Banyaknya situs belanja online memang sangat memudahkan kita. Namun, sebagai calon konsumen, Anda harus tetap waspada saat berbelanja online. Dunia maya dapat dengan mudah mengirimkan informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Pada akhirnya, kepuasan konsumen pun dipertanyakan. Untuk itu, Anda harus tahu beberapa tips cerdas berbelanja online agar tak mudah ditipu dan tetap puas berbelanja.

1. Ketahui Reputasi Toko Online
Kini di Internet menyebar situs berbelanja online, bahkan Anda pun bisa dibuat bingung memilih mana yang lebih murah. Namun, Anda tak hanya butuh sekedar murah, tapi juga reputasi. Pastikan toko online yang Anda pilih untuk berbelanja memiliki reputasi yang baik, seperti Latar Belakang & Grup Perusahaan dari toko online tersebut.

2. Waspada Penipuan
Sebagai konsumen, Anda pun harus pintar-pintar saat mendapatkan informasi dari pihak toko online. Kini banyak toko online nakal dengan meminta informasi rekening lewat email bahkan telepon dengan alasan yang bervariasi. Jangan mudah tergoda dengan promo barang murah. Untuk itu, sebaiknya Anda perlu berhati-hati terutama menyangkut keuangan Anda.

3. Waspada Metode Pembayaran
Hal lain yang paling penting saat berbelanja online adalah proses pembayaran. Sebaiknya Anda patut berhati-hati jika toko online tersebut menerima pembayaran ke beberapa rekening dan hanya mencantumkan pembayaran tunai via pos. Maka dari itu, cek dulu metode pembayaran yang tersedia, dengan begitu Anda pun bisa memilih yang aman untuk transaksi Anda.

4. Memiliki Alamat Kantor Pusat yang Jelas
Sebaiknya pilihlah toko online yang memang memiliki alamat rumah, bisnis atau kantor yang nyata. Jangan sampai Anda tertipu dengan alamat fiktif. Pastikan jika memang alamat yang dicantumkan memang ada. Anda pun bisa mengecek di applikasi google maps dengan pilihan 3D directory sehingga bisa melihat secara nyata bahwa kantor tersebut Ada.

5. Berbelanja dengan Kartu Kredit atau Debit yang Aman
Ketika Anda berbelanja online, maka pilihlah pembayaran menggunakan debit atau kredit dengan standar keamanan ganda. Jika terjadi hal yang tak diinginkan, maka Anda bisa dibantu oleh pihak bank tersebut.

6. Periksa Lagi Detail Barang
Saat berbelanja online, pastikan barang yang Anda beli sesuai dengan apa yang diinginkan. Sebaiknya baca secara detail deskripsi produk dan syarat & ketentuan. Jika ada yang masih kurang dipahami, sebaiknya tanyakan pada customer service sehingga Anda pun tidak akan salah pilih barang.

Nah, jika kamu ingin mendapatkan rekomendasi toko online yang sudah tidak diragukan lagi reputasinya, intip di sini

(lakupon.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.