Sukses

Cara Penyimpanan Bahan Makanan Agar Tetap Awet dan Segar

Berikut ini tips jitu untuk menyimpan bahan makanan agar tetap awet dan segar.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah survey mengungkapkan bahwa setiap rumah tangga di Amerika Serikat membuang makanan senilai US$ 640 atau sekitar Rp. 8 juta. Hal tersebut dikarenakan mereka terlalu banyak membeli makanan dan gagal saat memasak.

Seperti dilansir dalam womendailymagazine.com pada Selasa (22/12), sebuah studi yang dilakukan Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam, menunjukkan hasil yang cukup fantastis bahwa orang Amerika membuang makanan per tahun senilai US$ 165 Miliar atau sekira Rp. 2,2 Triliun.

Jika Anda ingin menghentikan kebiasan membuang uang lewat makanan yang dibeli, Liputan6.com merangkum cara menyimpan 7 bahan makanan agar bertahan lebih lama.

1. Keju

Ada alasan mengapa makanan dengan campuran keju digemari.
Keju parmesan dan jenis lainnya mampu bertahan berbulan-bulan jika disimpan dengan benar. Ketika Anda membeli keju, bungkuslah dengan kertas roti dan kemudian dilapisi aluminium foil agar terjaga kelembapannya. Jika Anda melihat ada bagian keju yang sedikit busuk jangan semuanya langsug dibuang, tetapi cukup buang potongan tersebut dan bungkus kembali dengan rapi.

2. Bawang

Selain jengkol kamu juga bisa memanfaatkan bawang putih untuk mengobati kanker.
Cara membuat bawang agar awet dan tetap segar adalah dengan menyimpannya di kantong kertas dan di tempat yang sejuk. Paling tidak bawang akan mampu bertahan hingga 2 minggu.

3. Buah Berry

Buah yang masuk dalam keluarga berry, seperti blueberry, stroberi, dan ceri banyak mengandung anthocyanin. Anthocyanin adalah senyawa yang membantu melambatkan proses penuaan, melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker. (Istimewa)
Berry merupakan bahan makanan yang cepat busuk sehingga banyak yang langsung segera memakannya. Namun, jika Anda ingin menahan kesegarannya hingga 1-2 hari, bilaslah buah tersebut dengan campuran cuka dan air lalu simpan di lemari es.

4. Telur

Selama ini kita melihat banyak bentuk loyang. Tapi yang satu ini bakal bikin tampilan kue menjadi beda.
Telur mampu bertahan hingga 5 minggu lamanya jika disimpan di kulkas. Namun, suhu kulkas jangan terlalu dingin sehingga tidak merusak telur tersebut.

5. Susu

Minum susu bisa jadi salah satu penyebab yang meningkatkan risiko terserang parkinson.
Suhu panas dapat menyebabkan susu rusak lebih cepat. Oleh karena itu, untuk menjaganya agar jauh lebih tahan lama dan tetap segar, simpanlah dalam lemari pendingin.

6. Daging

(Foto:CNBC)
Cara menyimpan daging agar awet dan tetap segar dengan membungkus ganda menggunakan kertas dan menaruhnya dilaci makanan paling bawah.

7. Sayuran Hijau


Suhu panas dan lembap dapat merusak sayuran hijau cepat rusak dan busuk. Pastikan sayuran hijau yang ingin Anda simpan tetap dalam keadaan kering dengan menggunakan kantong kedap udara. Setelah itu, lubangi sedikit dan simpan di lemari pendingin.

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini 
** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.