Sukses

Para Guru, Berikut Tips Agar Murid Anda Tak Lagi Malas Sekolah

Beberapa tips berikut ini mungkin dapat membantu Anda untuk membuat para murid rajin masuk sekolah.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seorang guru memang menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa orang. Anda akan dihadapkan dengan berbagai macam karakter anak yang berbeda. Selain itu, seorang guru juga harus mampu membuat para muridnya merasa senang dan bersemangat untuk bersekolah. Beberapa tips berikut ini mungkin dapat membantu Anda untuk membuat murid Anda rajin masuk sekolah. Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh tim Liputan 6.com bersama Ranny Kartabrata, selaku Kepala Sekolah dan Rahma Paramita, selaku School Director Sekolah Cikal , Jumat (18/12/2015) di Sekolah Menengah Cikal Amri.

1. Kenali murid-murid Anda secara individual
Sebagai seorang guru, mengenali murid-murid Anda tidak hanya sebatas nama saja. Namun, Anda diwajibkan untuk mampu dekat secara emosional dengan mereka. Karakter dari murid-murid Anda akan beragam dan Anda tidak bisa menerapkan satu sikap Anda kepada semua murid.

Ranny Kartabrata, Kepala Sekolah Sekolah Cikal mengatakan, "Mengenali murid itu tidak hanya mengenal mereka satu per satu, namun juga secara individual ya." Ingatlah bahwa di sekolah, Anda adalah orangtua mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tips Agar Murid Rajin Sekolah

2. Menjadi pendengar dan teman yang baik
Ini berlaku bagi guru dengan murid usia berapapun. Anda harus bisa menjadi teman sekaligus pendengar yang baik bagi murid-murid Anda, sehingga mereka akan terbuka dan merasa nyaman bercerita hal apapun kepada Anda.

3 dari 5 halaman

Tips Agar Murid Rajin Sekolah

3. Beri penghargaan terhadap setiap pencapaian mereka
Melihat perkembangan dan pencapaian dari murid-murid adalah hal yang sangat menyenangkan. Biasakan untuk memberikan hadiah atau penghargaan pada mereka setiap mereka mencapai sebuah prestasi. Ini akan sangat berpengaruh pada murid-murid SD dan SMP. Mereka akan memiliki semangat baru untuk mencapai prestasi lainnya.

4 dari 5 halaman

Tips Agar Murid Rajin Sekolah

4. Buat kegiatan yang berarti dan menyenangkan
Mungkin sesekali Anda dapat menyarankan pada Kepala Sekolah untuk mengadakan acara di luar kegiatan belajar mengajar, namun tetap berarti dan menyenangkan. Kegiatan ini juga dapat menjadi sarana bagi para murid untuk lebih mengekspresikan diri mereka yang sebenarnya.

5 dari 5 halaman

Tips Agar Murid Rajin Sekolah

5. Jadikan sekolah itu sebuah kebutuhan bukan keharusan
Rahma Paramita, School Director Sekolah Cikal menjelaskan, "Yang paling penting adalah membuat sekolah itu bukan sebagai kewajiban yang nggak ada hubungan dengan dirinya, tapi sebuah kebutuhan. Dengan sekolah, mereka dapat mengaktualisasikan diri mereka sendiri, dan menjadi salah satu cara untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan."

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

**Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.