Sukses

Ini Makna 10 Mimpi yang Biasa Terjadi pada Anda

Anda mungkin pernah mengalami satu dari beberapa mimpi unik berikut ini. Yuk, intip artinya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah mengalami satu dari beberapa mimpi berikut ini. Mimpi biasanya terpusat pada hal-hal universal bagi manusia. Mimpi-mimpi ini bekerja pada perasaan batin, sehingga Anda dapat memaksimalkan kreativitas, rasa percaya diri, dan efektivitas dalam kehidupan nyata Anda. Seperti dilansir dari dummies.com, Senin (21/12/2015).

1. Gigiku tanggal!
Jika Anda mengalami mimpi mengenai gigi tanggal, sakit gigi atau gigi yang kotor, Anda mungkin sedang merasa khawatir bagaimana membuat diri Anda terlihat menarik dan menyenangkan bagi orang lain maupun pasangan Anda. Selain itu, Anda juga mungkin takut menjadi tua.
Gigi juga berhubungan dengan ekspresi diri dan komunikasi yang efektif, sehingga mimpi mengenai gigi tanggal juga dapat berarti Anda merasa malu terhadap apa yang Anda katakan atau Anda mempunyai kesulitan untuk mengutarakan apa yang ada di dalam pikiran Anda.

Esensi sebenarnya dari gigi adalah kemampuan mereka untuk menggigit, memotong dan menggiling. Sebagai manusia, Anda tidak menunjukkan gigi untuk menggeram seperti hewan. Jika gigi Anda tanggal, maka Anda kehilangan kekuatan dan kemampuan Anda untuk bersikap tegas, menentukan dan melindungi diri.

Anda mungkin dapat bertanya pada diri sendiri : Apa yang membuat saya kurang percaya diri dan merasa tidak berdaya? Dengan siapa saya merasa malu dan tidak aman? Bagaimana saya marah dan merasa frustasi? Bagaimana saya harus mengambil tindakan agar benar-benar mengerti tentang suatu hal?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Mimpi Telanjang

2. Aku telanjang di depan umum!
Anda sedang dalam pertemuan bisnis, lalu tiba-tiba Anda menyadari bahwa Anda telanjang. Mimpi ini memaparkan apa yang tidak Anda inginkan dari orang lain untuk tahu. Terutama tentang hal-hal yang membuat Anda rentan. Bermimpi telanjang di depan orang lain menyiratkan bahwa Anda sedang tidak siap menghadapi suatu hal, kurang informasi, serta tidak terlatih.

Anda mungkin dapat bertanya pada diri sendiri: Apa yang membuat saya bersembunyi? Di mana saja saya merasa palsu dan tak terlihat? Apa yang salah dengan menjadi diri saya sendiri? Bisakah saya mencintai kekurangan diri saya sendiri? Siapa yang saya takuti akan menolak saya? Apa yang harus saya katakan pada diri saya sendiri?

3 dari 10 halaman

Dikejar Raksasa

3. Ada raksasa mengejar saya!
Anda berlari, berusaha mengecoh pengejar Anda, tapi ia akhirnya mendapatkan Anda. Namun, tiba-tiba kaki Anda lumpuh. Mimpi ini sering diartikan sebagai ketakutan dalam menghadapi suatu hal yang telah Anda anggap negatif, seperti kemarahan Anda sendiri, dan rasa malu. Atau bisa jadi Anda merasa terancam oleh seseorang atau suatu kegagalan. Jika Anda mengalami lumpuh, mungkin Anda perlu berdiam diri sebentar untuk mengetahui pesan dari pengejar Anda. Atau mungkin Anda memang mengalami "kelumpuhan" normal yang dialami oleh orang yang sedang tidur.

Anda mungkin dapat bertanya pada diri sendiri: Apa yang membuat saya merasa terancam? Apa yang saya hindari? Di mana saja saya merasa tidak ditolong dan didukung? Bagaimana saya menangani sebuah konflik?

4 dari 10 halaman

Rumah Masa Kecil

4. Aku berada di rumah masa kecilku dan mempunyai kamar baru!
Rumah adalah simbol diri. Bermimpi kembali ke rumah lama, berarti melihat kembali proses yang telah lama berlalu, kebiasaan masa lalu dan identitas yang telah didapatkan. Mungkin Anda membawa kembali kenangan di masa lalu untuk disembuhkan.

Mencoba untuk tinggal di rumah lama, yang sekarang terlalu kecil untuk Anda tempati atau melihat banyak benda yang harus diperbaiki, berarti Anda sadar bahwa Anda telah beranjak dewasa dan banyak hal yang telah berubah lebih baik dari diri Anda yang dulu. Ketika rumah lama Anda memiliki ruangan baru, berarti Anda telah menambahkan komponen baru kedalam kehidupan Anda, seperti bakat dan pengalaman baru.

Anda mungkin dapat bertanya pada diri sendiri: Apa bagian dari rumah saya yang perlu diperbaiki? Apa saya merasa nyaman berada di ruangan ini? 

5 dari 10 halaman

Bercinta

5. Aku bercinta dengan bintang film!
Mimpi tentang hubungan seks biasanya melambangkan penggabungan beberapa aspek dalam diri Anda, yang mencintai bagian-bagian dari diri Anda yang dihakimi atau ditolak. Melakukan hubungan seks dengan seorang bintang bisa berarti Anda ingin lebih dilihat, dihargai dan diakui. Atau Anda mewakilkan kualitas yang ada pada diri Anda pada orang terkenal.

Melakukan hubungan seks dengan figur otoritas seperti dokter, profesor atau seorang bos, dapat menunjukkan bagaimana rasanya mempunyai kekuatan dan pengetahuan yang lebih bisa membuat diri Anda efektif di dunia. Melakukan hubungan seks dengan orang asing atau orang dari ras yang berbeda dengan Anda, bisa diartikan Anda mengintegrasikan karakter dari budaya atau kesadaran rasial dalam kepribadian Anda. Sedangkan melakukan hubungan seks dengan seseorang berjenis kelamin yang sama dengan Anda, dapat menunjukkan bahwa Anda dapat menerima dan mencintai diri Anda sendiri.

Anda mungkin dapat bertanya pada diri sendiri: Apa kualitas dan pengalaman yang dapat menghidupkan saya? Apa yang dapat saya kagumi dari kekasih saya, sehingga saya pun dapat meningkatkan kemampuan diri saya?

6 dari 10 halaman

Hilang Dompet atau kunci

6. Aku kehilangan dompet dan kunci!
Mimpi tentang kehilangan berorientasi pada sesuatu yang sangat berpengaruh pada Anda. Anda mengatakan kepada diri Anda sendiri, "Mari kita pergi dan coba lihat apa yang akan datang jika semuanya tidak terkunci."

Kehilangan dompet dapat berarti Anda harus melihat kembali jati diri Anda. Kehilangan mobil dapat berarti Anda harus melihat kembali apa yang Anda perlukan untuk bergerak, merasa bebas dan merdeka seperti apa yang Anda bayangkan. Kehilangan kunci menunjukkan ketakutan Anda untuk kehilangan otoritas dan akses untuk mendapatkan kesempatan. Kehilangan uang berarti Anda melepaskan sesuatu yang berharga bagi diri Anda, sehingga Anda dapat mengevaluasi diri Anda sendiri.

Anda mungkin dapat bertanya pada diri sendiri: Bagaimana saya mendapatkan ide yang hebat untuk diri saya sendiri? Kapan saya harus melepas dan mempercayai bagian yang tidak saya ketahui dari diri saya sendiri? Dimana saya bisa mendapatkan ruang kosong, selain kekacauan?

7 dari 10 halaman

Ujian Sekolah

7. Aku mengikuti sebuah tes dan tidak belajar!
Anda harus mengikuti sebuah tes dan Anda tidak menemukan ruangannya, Anda datang terlambat atau tidak belajar sama sekali. Anda sedang dalam sebuah permainan dan lupa dengan peraturannya. Mimpi tentang kecemasan semacam ini, biasanya berarti Anda merasa dihakimi oleh orang lain dan tidak siap untuk sebuah tantangan baru.

Anda takut jika Anda tidak melakukannya dengan baik, maka Anda akan ditolak dan ditertawakan. Jika suasananya akademik, maka mungkin Anda perlu memberikan perhatian lebih pada pengetahuan baru yang dapat membantu proses pertumbuhan diri Anda sendiri. Namun jika itu suasana permainan atau perkuliahan, maka Anda mungkin telah siap untuk lebih mengeskpresikan diri Anda, untuk lebih artikulatif dan percaya diri di dunia.

Anda mungkin dapat bertanya pada diri sendiri: Apa peluang baru yang saya inginkan, namun saya belum siap untuk itu? Bagaimana perasaan saya setelah membuat seseorang merasa terpuruk? 

8 dari 10 halaman

Menemukan Uang

8. Aku menemukan uang atau perhiasan!
Mimpi tentang menemukan sesuatu bisa diartikan beberapa hal. Anda mungkin sedang banyak utang, merasa takut Anda tidak memiliki apa pun, atau Anda kehilangan apa yang Anda miliki. Anda ingin hidup Anda berlimpah harta dan berpengaruh, sehingga itu terbawa dalam mimpi.

Kekhawatiran ini juga menyebabkan ketakutan yang lebih dalam. Anda merasa bahwa Anda tidak pantas dicintai, didukung atau diperhatikan, sedangkan jauh dalam diri Anda merasakan bahwa Anda benar-benar telah diberkati. Mendapatkan uang atau benda berharga berarti mendapatkan kesejahteraan emosi, kepercayaan diri dan kekuasaan, Anda hanya perlu untuk meningkatkan kreatifitas Anda dan berpikirlah bahwa memiliki lebih itu normal.

Anda mungkin dapat bertanya pada diri sendiri: Siapa yang memberi saya uang atau benda berharga? Di mana saya bisa menemukan benda berharga? Tempat semacam apa yang dapat mewakili diri saya? Bagaimana sikap saya setelah menerimanya; egois, serakah, khawatir? Bagaimana tindakan saya setelah menerimanya; santai, murah hati, kuat?

9 dari 10 halaman

Operasi di Rumah Sakit

9. Aku mengalami operasi pada mata, otak, jantung, atau...!
Mimpi mengenai rumah sakit dan operasi sering menjadi simbol dari perubahan mendasar terhadap cara hidup Anda. Termasuk cara Anda menggunakan energi pada tubuh Anda, bagaimana Anda membangun identitas diri Anda dan melihat dunia.

Pada kesempatan langka, mimpi ini merupakan peringatan terhadap masalah kesehatan yang nyata, atau menunjukkan bahwa Anda lelah dan butuh istirahat, sehingga Anda bisa mendapatkan energi baru. Mungkin Anda memerlukan hal yang baru dalam sistem kehidupan Anda, mengubah kebiasaan Anda, pindah ketempat yang baru, atau melepaskan seseorang dari kehidupan Anda. Anda perlu membuka diri Anda untuk memperbaiki emosi Anda dan mendapatkan pengalaman baru.

Jika Anda bermimpi mengalami operasi bedah, Anda mungkin sedang menghindari perasaan khawatir dan tanggung jawab terhadap sesuatu. Jika Anda bermimpi mengalami pendarahan hebat atau merasakan sakit yang sesungguhnya, Anda mengatakan kepada alam bawah sadar Anda bahwa Anda di luar kendali, sangat terkuras dan terluka parah akan trauma masa lalu dan kekejaman.

Anda mungkin dapat bertanya pada diri sendiri: Apa atau siapa yang telah menyebabkan saya merasa sangat terluka dan tak berdaya? Mengapa saya hanya fokus pada bidang tertentu saja dari tubuh saya? Apa yang dokter bedah lakukan untuk membantu saya? Apakah ada perubahan yang terjadi dalam tubuh saya? Setelah saya sembuh, apa yang akan mampu saya lakukan? Bagaimana perubahan pola kesadaran saya?

10 dari 10 halaman

Mobil Mogok

10. Mobilku tidak mau berhenti atau dijalankan!
Mimpi tentang kesulitan bersama kendaraan Anda biasanya muncul ketika peristiwa dalam hidup Anda tampaknya diluar kendali, Anda merasa tidak berdaya akan sesuatu atau merasa takut akan kegagalan atau kecelakaan. Mobil Anda berjalan ke belakang, rem tidak berfungsi, Anda mencoba mengatasinya dari kursi belakang dan ban yang datar.

Kendaraan merupakan simbol dari cara Anda hidup melalui pengalaman-pengalaman Anda. Mobil, sepeda motor, sepeda, bus atau kereta api menandakan pengalaman fisik dan tubuh Anda. Kapal menandakan pengalaman emosional Anda. Pesawat menandakan pengalaman mental Anda. Sedangkan UFO dan roket mewakili tingkat spiritual Anda.

Setelah Anda melihat di tingkat mana Anda berada, sebagai pengemudi atau penumpang, Anda akan menunjukkan bagaimana perasaan Anda untuk mengarahkan hidup Anda sendiri. Mengemudi dari kursi belakang berarti Anda perlu berusaha lebih keras dan lebih bertanggung jawab. Orang lain yang mengemudi berarti Anda memberikan otoritas Anda.

Berikutnya, lihat bagaimana kendaraan tersebut berfungsi. Masalah menunjukkan masalah yang mungkin Anda miliki dalam kehidupan nyata. Kemudi atau rem tidak bekerja mengartikan Anda terlalu cepat dan sedang membuat kesalahan besar. Ban di sisi kanan datar adalah simbol keraguan untuk bergerak maju dan mengambil tindakan baru. Sedangkan starter tidak bekerja mengartikan Anda perlu memperbaharui motivasi dan gairah Anda.

Anda mungkin dapat bertanya pada diri sendiri: Dalam bidang apa saya merasa cacat atau tidak berdaya? Kepada siapa saya memberikan kekuatan? Bagaimana saya bisa lepas kontrol? Apa yang saya perlukan agar hidup bekerja dengan baik? Apa yang dapat saya lakukan untuk bergerak bebas?

Beberapa mimpi yang biasa terjadi di atas mungkin dapat membantu Anda mengartikan dan mencerna kembali apa yang sedang terjadi dalam kehidupan nyata Anda.**

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.