Sukses

Perupa Mirza Rizal: Anak Muda Harus Cinta Seni!

Perupa naturalis Bengkulu Mirza Rizal berharap anak muda semakin cinta pada dunia seni.

Liputan6.com, Bengkulu Seni Lukis memang memberikan nuansa tersendiri bagi para penikmat dan pelukisnya. Bagaimana tidak, seorang pelukis harus mampu mentransformasikan keindahan ke dalam kanvas lukisnya.

Seperti itu pula yang dirasakan pelukis naturalis Bengkulu, Mirza Rizal, yang akrab disapa Ical. Pria kelahiran Lubuk Linggau 10 Desember 1961 yang ditemui Liputan6.com di kediamannya, Sabtu (19/12/2015) mengaku sejak anak-anak sudah tertarik dengan seni rupa. Ketertarikannya pada dunia seni rupa mulai diseriusi saat dirinya menginjak bangku SLTA. Bahkan saat memasuki dunia kampus, kegemaran tersebut terus diasah.

Mirza terus berguru dengan berbagai seniman lukis yang lebih dulu mapan. “Saya ada obsesi yang belum terlaksana, yakni menggelar pameran tuggal lukisan Bengkulu,” ujarnya sambil terus melukis delapan ekor kuda yang berlari di pantai Jakat Bengkulu.

Lukisan delapan ekor kuda yang sedang dikerjakan tersebut sudah mamasuki minggu ketiga penggerjaan, dan sekitar tiga atau empat hari kedepan lukisan tersebut akan selesai. “Dalam menggerjakan lukisan, pikiran saya harus benar-benar tenang dan makanya saya melukis selalu ditemani dengan musik-musik, dengan nada yang memberkan nuansa santai, untuk menambah ketenangan. Apalagi pelukis naturalis, ketenangan, batin, dan kedamaian pikiran mutlak diperlukan, karena yang ditransformasikan dalam kanvas dan kuas lukis adalah keindahan yang mendekati kesempurnaan,” katanya melanjutkan.

Mirza Rizal berharap makin banyak anak muda Bengkulu yang cinta kesenian.

Sebagai seniman, Mirza Rizal terus berharap, ke depan semakin banyak anak muda, khususnya di Bengkulu, yang kreatif dan terus berkarya di bidang seni. Selain itu dirinya juga mengungkapkan harapannya kepada pemerintah, "Kami tidak mengemis anggaran, kami hanya ingin pemerintah memperhatikan para pelukis dengan sering membuat event yang akan memacu kreativitas seniman untuk berkarya," ungkap Mirza.

Selama fokus dalam dunia seni rupa, hanya satu keinginan perupa Mirza yang belum terwujud, yaitu menggelar pameran tunggal. Hanya saja untuk menggelar pameran tunggal tersebut bukanlah perkara mudah, selain harus mempersiapkan lukisan, dirinya juga harus siap lahir dan batin. “Minimal ada 60 lukisan yang akan dipamerkan dalam pameran tunggal,” tutup dia. (Yuliardi Hardjo Putro)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

**Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.