Sukses

Trik Memilih Hotel Saat Liburan Bersama Si Kecil

Liburan bersama keluarga tentu menjadi momen yang paling ditunggu. Namun, sudahkah Anda merencanakannya dengan baik?

Liputan6.com, Jakarta Liburan bersama keluarga memang momen yang paling ditunggu anak-anak. Apalagi jika menginap dan memilih hotel di Bandung. Namun, ada beberapa hotel yang memiliki peraturan baku tentang keberadaan anak-anak. Baik dalam harga maupun beberapa fasilitas yang disediakannya.

Nah, agar liburan Anda bersama keluarga menjadi menyenangkan, berikut 6 trik memesan hotel saat liburan seperti yang dirangkum tim Reservasi.com, Selasa (12/15/2015).

Pastikan Memahami Peraturan Hotel
Peraturan hotel bukan bermaksud untuk membatasi gerak para pelanggan. Biasanya ada hitungan bisnis yang diterapkan dalam peraturan tersebut. Misalnya untuk anak-anak yang usianya di atas 5 tahun, akan dikenakan biaya khusus. Namun umumnya untuk anak-anak d ibawah usia 5 tahun, tidak akan dikenai biaya tambahan.

Agar liburan Anda benar-benar sesuai dengan dana yang ditetapkan, pastikan hotel mengetahui bahwa Anda membawa serta anak-anak. Memang agak merepotkan, namun dengan aplikasi pencari hotel, hal ini bisa dikomunikasikan dan bisa direncanakan. Hal ini menjadi penting, agar dana yang dikeluarkan sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan.

Pilih Tipe Kamar yang Sesuai dengan Keluarga
Beberapa hotel biasanya menyediakan kamar dengan tipe adjoining dan connecting. Perbedaannya hanya terletak pada akses yang menghubungkannya. Tipe connecting dipisahkan dengan daun pintu, sedangkan tipe adjoining tidak dipisahkan dengan daun pintu, sehingga orang tua bisa langsung keluar masuk tanpa hambatan.

Untuk anak-anak yang masih memerlukan pengawasan intensif, kalian perlu memilih tipe kamar adjoining. Sedangkan jika kalian sudah memiliki anak-anak yang mandiri misalnya sudah remaja, tipe connecting lebih disarankan karena remaja juga tidak selamanya ingin selalu diawasi oleh orangtuanya. Begitu pula sebaliknya, orangtua pasti membutuhkan privacy.

Double Bed Lebih Baik untuk Keluarga
Jika kalian memiliki anak-anak yang masih batita (bayi di bawah tiga tahun) atau balita (bayi di bawah lima tahun), lebih disarankan memilih tipe kamar yang menyediakan double bed. Sehingga orangtua bisa tetap mengawasi anak-anak terutama saat istirahat. Jika beruntung, beberapa hotel bahkan menyediakan tempat tidur khusus bayi.

Twin bed tidak disarankan untuk keluarga yang masih memiliki anak-anak batita atau balita. Namun untuk mereka yang m$emiliki anak-anak yang sudah menginjak usia remaja, tipe twin bed sangat disarankan untuk melatih kemandirian mereka saat berada di luar rumah.

Bathtub Cocok untuk Balita dan Batita

Memandikan bayi merupakan aktivitas yang tetap harus dilakukan meskipun saat liburan. Karena batita dan balita tentu saja belum bisa mandi sendiri. Agar kalian bisa memandikan dengan mudah, pilihkan kamar yang menyediakan bathtub.

Orang tua akan lebih mudah memandikan batita dan balita jika kamar mandi hotel tersedia bathtub, jika dibandingkan dengan kamar mandi. Pasalnya memandikan bayi dengan menggunakan shower tentu sangat sulit.

Namun yang perlu diingat, ketika memandikan anak-anak di bathtub, semua harus benar-benar dalam pengawasan orangtua. Pastikan pula bahwa air yang disiapkan tidak terlalu panas. Meskipun anak-anak perlu diberikan waktu untuk bermain di bathtub, jangan pernah sekalipun meninggalkan mereka sendirian di dalam kamar mandi.

Kulkas Mini untuk Storage ASI
Bagi ibu yang masih memberikan ASI, tidak perlu khawatir karena di setiap hotel biasanya menyediakan kulkas kecil untuk menyimpan buah dan minuman ringan. Nah, sisakan saja ruang untuk menyimpan ASI yang baru saja dipompa untuk persediaan si kecil. K$eberadaan lemari pendingin ini tentu akan sangat bermanfaat ketika Anda berlibur bersama bayi yang masih menyusui.

Kolam Renang
Kolam renang memang fasilitas yang bisa menarik pelanggan. Namun, bagi Anda yang membawa anak-anak, pengawasan harus lebih ditingkatkan. Selain itu, hal yang juga perlu diperhatikan saat memilih hotel yang dilengkapi kolam renang adalah pastikan jadwal buka dan tutup kolam. Jangan sekali-kali berenang ketika kolam renang belum dibuka. Pasalnya saat kolam renang belum dibuka, petugas penjaga tidak dapat memantau saat ada kejadian di kolam renang. Komunikasikan kepada petugas hotel jika Anda membawa anak-anak yang perlu diawasi terutama saat berada di kolam renang.

sumber: Reservasi.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.