Sukses

6 Langkah yang Harus Dilakukan Orangtua agar Anak Sukses

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda sebagai orang tua ajarkan pada anak agar mereka sukses kelak.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang tua pasti ingin anaknya cerdas dan berprestasi, baik di sekolah atau pun dalam kegiatan di luarnya. Banyak hal dilakukan beberapa orang tua yang malah membuat sang anak tersiksa untuk menjalaninya, seperti banyak mengikuti les privat tanpa tahu minat dan bakat sang anak, sampai kadang memarahi mereka karena tak mampu berprestasi.

Dilansir dari Time.com pada Sabtu (12/12), Liputan6.com merangkum beberapa cara untuk membuat anak Anda cerdas tanpa harus memaksakan kehendak sebagai orang tua.

1. Pelajaran musik
Fakta dari banyak penelitian mengungkapkan manfaat dari belajar musik pada anak akan meningkatkan kecerdasan dan nalar mereka. Salah satu penelitian yang dilakukan Universitas Northwestern menyatakan bahwa pelajaran musik juga bisa bermanfaat pada orang tua dan lanjut usia yang bisa menghindarkan mereka dari penuaan.

2. Ajak anak Anda membaca bersama
Membacakan dongeng atau sebuah kisah pada anak Anda ternyata kurang mendidik mereka menjadi lebih cerdas. Namun, cara yang lebih efektif adalah mengajak anak membaca bersama dengan Anda sehingga mereka mendapat pengalaman langsung dan nalar lebih berkembang.

3. Sering tidur membuat anak Anda bodoh
Sebuah penelitian via Nurture Shock mengungkapkan bahwa seorang anak kelas enam yang sering tidur akan memiliki otak layaknya murid di kelas empat. Hal ini terjadi karena perkembangan otak akan terhambat jika terlalu sering tidur.

4. IQ tidak akan berharga tanpa kedisiplinan diri
Dalam buku berjudul "The Power of Habit: Why We Do What We Do in Life and Business" karya Charles Duhigg melansir beberapa studi yang menyatakan bahwa kedisplinan diri akan jauh lebih berpengaruh dalam memprediksi kesuksesan hidup. Selain itu, uji coba dilakukan antara anak rajin dan pintar menurut IQ. Hasilnya menunjukkan anak rajin yang memiliki kedisiplinan diri memiliki perkembangan akademis lebih besar ketimbang anak dengan IQ tinggi.

5. Belajar adalah proses yang aktif
Ajarkan anak Anda untuk terus belajar dalam berbagai hal agar dirinya memiliki wawasan ilmu dan pengetahuan yang luas. Dan Coyle, penulis The Talent Code mengatakan bahwa proses belajar tak hanya dilakukan dengan mendengar saja, tetapi juga mempraktikannya sebagai bentuk pengalaman diri.

6. Anak yang bahagia = anak yang sukses
Menciptakan suasana dan lingkungan yang bisa membahagiakan anak tak hanya dengan selalu memberikan kehendak mereka. Ajarkan mereka untuk bisa merasa bahagia dari lingkungan sekitar sehingga tercipta pikiran positif untuk meraih sukses di masa depan. Masa kecil yang bahagia menentukan kesuksesan mereka kelak.

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.