Sukses

Kaleidoskop April 2015 : Potret Kelam Kehidupan di Korea Utara

Pemerintah Korea Utara melarang penduduknya untuk menunjukkan kemiskinan dan juga dilarang menunjukkan kekayaan.

Liputan6.com, Jakarta Menjelang pergantian tahun, Liputan6.com merangkum berita yang mendapat perhatian pembaca terbanyak sepanjang April 2015. Berikut ulasan balik berita tentang potret kelam kehidupan di Korea Utara yang sesungguhnya dan mungkin belum Anda ketahui.

Berbeda dengan Korea Selatan, Korea Utara selama ini lebih dikenal sebagai negara yang menakutkan di bawah pemerintahan diktaktor Kim Jong-un.

Seperti yang dilansir dari News.com.au, Kamis (30/4/2015), Eric Lafforgue, seorang fotografer asal Prancis mencoba mendokumentasikan kehidupan di Korea Utara yang berada di bawah kekangan rezim pemerintah Kim Jong-un.

Apa yang ditangkap dari kamera Eric Lafforgue justru menunjukkan sisi kehidupan Korea Utara yang lebih kelam dibanding dengan potret kehidupan di Korea Selatan. Bahkan foto-foto hasil jepretan Eric sempat dikecam oleh pemerintah Korea Utara dan Eric diminta untuk menghapusnya.

Melihat Potret Kelam Kehidupan di Korea Utara yang  Sesungguhnya

"Pemerintah Korea Utara sempat mengecam dan melarang karya saya untuk dipublikasikan ke website. Mereka juga meminta saya untuk menghapus foto-foto yang telah saya dokumentasikan sewaktu kunjungan saya di Korea Utara. Saya pun menolak, saya menilai hal tersebut tidak adil karena seluruh dunia berhak mengetahui realitas sesungguhnya yang terjadi di Korea Utara," ucap Eric kepada News.com.au

Sewaktu di Korea Utara, Eric tinggal di sebuah desa nelayan. Di desa tersebut ia diperlakukan layaknya tamu kehormatan. Letak desa itu pun sangat terpencil dan terisolasi, bahkan penduduk yang tinggal di desa itu belum pernah melihat rupa telpon seluler.

"Bagaimanapun kerasnya kehidupan yang mereka rasakan, mereka tetap memuliakan dan mencintai pemimpin mereka," ucap Eric.

Lebih lanjut, pemerintah Korea Utara pun mengeluarkan kebijakan melarang penduduknya untuk tidak boleh menunjukkan kemiskinan, juga dilarang menunjukkan kekayaan.

Seperti apakah keadaan Korea Utara yang sesungguhnya, berikut foto karya Eric Lafforgue yang membuat Kim Jong-un gerah:

Melihat Potret Kelam Kehidupan di Korea Utara yang  Sesungguhnya

 

Melihat Potret Kelam Kehidupan di Korea Utara yang  Sesungguhnya

 

Melihat Potret Kelam Kehidupan di Korea Utara yang  Sesungguhnya

 

Melihat Potret Kelam Kehidupan di Korea Utara yang  Sesungguhnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.