Sukses

5 Hal Menarik dari Bimbel yang Dapat Memotivasi Belajar Kamu

Bimbel dapat meningkatkan motivasi belajar kamu dan menawarkan beberapa hal yang tidak semua sekolah bisa berikan.

Liputan6.com, Jakarta Malas belajar seringkali datang menghampiri para siswa. Alasannya bermacam-macam. Bisa karena suasana belajar yang kurang nyaman, mata pelajaran yang sulit dipahami, atau keterbatasan waktu bagi guru untuk menjawab pertanyaan siswa dan faktor-faktor lainnya.

Saat mengalami hal-hal tersebut, rasanya kamu perlu pertimbangkan untuk mengikuti bimbingan belajar (bimbel). Lewat bimbel atau kursus, kamu memiliki kesempatan meningkatkan pengetahuan dan prestasi belajar di sekolah.

Tak hanya memfasilitasi kebutuhan belajar siswa, bimbel juga memberikan pengalaman baru dan menawarkan beberapa hal yang tidak semua sekolah bisa dapatkan. Berikut 5 hal menarik dari bimbel yang dapat memotivasi belajar kamu:

1. Fasilitas Belajar

Tidak semua sekolah menyediakan fasilitas AC di dalam kelas. Namun, sebagian besar tempat bimbingan belajar menyediakan AC untuk ruangan belajar dan memiliki kursi-kursi yang lebih nyaman dan personal.

Jarak pengajar dan peserta didik juga lebih dekat, sehingga lebih mudah dan jelas menerima materi. Beberapa bimbel juga melengkapi fasilitas multimedia. Dan yang tampak mencolok, tulisan di papan tulis biasanya dengan spidol yang berwarna-warni.

2. Para Pengajar yang Gaul dan Mudah Akrab

Bukan berarti guru-guru di sekolah tidak ada yang gaul. Namun, kebanyakan pengajar bimbel memiliki pembawaan yang lebih santai dan mudah berinteraksi dengan peserta didiknya.

Pengajar bimbel lebih punya sikap entertainer, terlihat dari cara penyampaian beberapa rumus maupun trik menyelesaikan soal-soal. Mereka juga pandai mencairkan suasana. Selain sebagai pengajar, mereka juga bertindak sebagai mentor dan tempat curhat, sehingga peserta bimbel memiliki banyak kesempatan untuk berkonsultasi, apakah itu mengenai mata pelajaran, soal try out, hingga rencana pendidikan selanjutnya.

3. Lebih Santai tapi Tetap Serius

Di sekolah banyak aturan yang mengikat, di Bimbel juga ada tetapi lebih fleksibel, misalnya berkaitan dengan busana, tempat duduk di kelas, dan jam belajar. Di sekolah kita pakai seragam, tapi sewaktu bimbel kita bebas pakai busana apa saja asalkan sopan. Bahkan, pakai sendal pun kita masih bisa mengikuti bimbel.

Di kelas bimbel kita juga bisa berpindah-pindah tempat duduk setiap hari untuk mendapatkan suasana baru. Ini adalah hal yang tidak bisa didapatkan di kebanyakan sekolah.

4. Metode Belajar

Di bimbel yang diajarkan hampir bersifat praktis, kebanyakan bukanlah konsep dasar. Bahkan ada kalanya guru bimbel mengajarkan cara cepat yang tidak logis atau tidak diterangkan rumus cepat itu dari mana munculnya.

Di sekolah, sudah pasti yang diajarkan konsep dasar atau keilmuan dasar karena mengacu pada kurikulum pendidikan. Meskipun begitu, pengajar bimbel juga tidak mengesampingkan konsep dasar. Guru sekolah, yang juga mengajar di bimbel, biasanya sering mengkombinasikan hal ini, konsep dasar diajarkan dan cara cepat pun diberikan.

5. Teman Baru dari Berbagai Sekolah

Di bimbel kamu akan mendapatkan teman-teman baru. Mereka bisa dari satu sekolah yang berbeda kelas maupun berasal dari sekolah lain. Selain teman baru, kamu juga berkesempatan punya gebetan baru. Tapi jangan lupa ya, belajar tetap yang utama.

Tak cuma teman, pengajar bimbel pun juga bisa berasal dari latar belakang sekolah yang berbeda. Secara tak langsung koneksi kamu makin bertambah. 

Masih malas untuk belajar dan berprestasi. Coba pikirkan lagi. Karena masa depan kamu tergantung pada usaha dan kemauan belajar saat ini. Jika bekal pengetahuan dan pendidikan kamu tinggi, maka peluang untuk meraih sukses menjadi lebih lebar.

Bersiaplah menjadi Smart Generation. Untuk belajar dan konsultasi belajar, ikuti bimbingan belajar yang sudah membuktikan pengalaman dan kualitasnya dengan hadir di Indonesia lebih dari 33 tahun.

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.