Sukses

Ini Penampakan Gua-gua Terindah di Dunia, Adakah dari Indonesia?

Berbagai gua ini yang ditemukan di banyak negara ini menyimpan keindahan yang luar biasa, adakah dari Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta Gua merupakan rongga besar yang umumnya terdapat di daerah perbukitan. Sejak zaman pra-sejarah, gua sudah akrab dengan kehidupan manusia. Gua$ menjadi tempat hidup dan menetap menusia pra-sejarah.

Setelah berkembangnya peradaban, gua sebagai tempat tinggal manusia kini mulai ditinggalkan. Namun demikian, gua yang tersebar di berbagai belahan bumi ini tidak melulu seperti yang diperkirakan banyak orang, yaitu lubang besar, pengap, dan kotor. Beberapa gua yang ditemukan ini justru menyimpan sisi eksotik gua dengan keindahannya yang memukau.

Berikut beberapa gua yang memiliki keindahan paling memukau di dunia, seperti dilansir dari themysteriousworld, Kamis (10/12/2015), adakah dari Indonesia?

Tham Lod Cave, Thailand

foto: themysteriousworld
Gua artisitik ini terletak di provinsi Mae Hong Son of Northem, Thailand. Dipenuhi ukiran orang-orang pra-sejarah, gua ini dianggap telah lama digunakan sebagai tempat tinggal mereka. Lebih dari itu, arkeolog menemukan karya tembikar tanah liat dan perkakas lainnya di dalam gua. Secaram umum, Tham Lod Cave memiliki rongga sepanjang 1,6 km yang dipenuhi stalaktit dan stalagmit. Gua di Thailand ini, kini menjadi salah satu objek wisata yang kerap dikunjungi banyak wisatawan, apalagi didukung lokasinya yang berada di dalam hutan dengan dilengkapi kicauan burung dari beragam spesies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cave In Algarve, Potugal

Cave In Algarve, Potugal

foto: themysteriousworld
Menurut beberapa peneliti, gua ini terbentuk akibat gelombang laut yang terus-menerus sepanjang tahun menerpa batuan besar. Berlokasi di tengah laut, gua ini hanya dapat diakses menggunakan kendaraan air. Gua ini dilengkapi dengan tiga lubang besar di bagian atas yang akan menjadikannya nampak eksotik di kala siang. Menarik banyak kunjungan wisatawan tiap tahun, Cave in Algarve terkenal den gan gua berair biru jernih.

3 dari 6 halaman

Gua Batu, Malaysia

Gua Batu, Malaysia

foto: themysteriousworld
Gua ini menjadi sangat unik dan berbeda dengan gua-gua pada umumnya. Gua yang berada di kawasan bukit kapur ini dilengkapi dengan candi. Berlokasi di Gombak, Malaysia, gua ini diperkirakan sudah terbentuk sejak 400 tahun yang lau. Salah satu suku kuno yang ada di Malaysia menjadikan gua ini sebagai tempat hidup mereka.

Untuk mencapai candi yang ada di kawasan gua, wisatawan harus mendaki sebanyak 272 anak tangga. Kompleks candi ini mencangkup tiga gua utama, salah satu yang terbesar dilengkapi dengan kuil Hindu. Sisa-sisa peninggalan dari gua ini tersimpan di galeri dan museum, yang antara lain berupa lukisan dan patung-patung.

4 dari 6 halaman

Glowworms Cave, Selandia Baru

Glowworms Cave, Selandia Baru

foto: themysteriousworld
Gua ini menjadi habitat dengan populasi kunang-kunang tertinggi yang hidup secara eksklusif di Selandia Baru. Kunang-kunang ini diyakini hanya dapat hidup di gua-gua dalam hutan yang gelap. Kunang-kunang yang menempel pada dinding-dinding gua, cahayanya memantul ke air yang ada di bawahnya menghasilkan pemandangan biru toska yang sungguh luar biasa.

5 dari 6 halaman

Naica Mine, Meksiko

Naica Mine, Meksiko

foto: themysteriousworld
Gua ini menjadi lumbung bagi kristal alam terbesar yang pernah ditemukan di dunia. Namun sayang, gua menakjubkan yang diperkirakan berusia lebih dari 500 ribu tahun ini ditutup untuk pengunjung lantaran rentan terhadap panas tinggi. Para peneliti mengungkapkan, kristal yang terbentuk merupakan proses dari air panas yang berasal dari kedalaman bumi didinginkan oleh gipsum.

6 dari 6 halaman

Son Doong Cave, Vietnam

Son Doong Cave, Vietnam

foto: themysteriousworld
Ini adalah gua paling menakjubkan dan terbesar di dunia. Berada di provinsi Quang Binh, Vietnam, gua ini terbentuk dari proses mengikisan air sungai terhadap bukit kapur yang ada di kaki gunung. Diperkirakan memiliki usia sekitar 2 juta tahun, gua ini pertama kali ditemukan oleh seorang pria lokal bernama Ho Khanh pada 1191.

Gua eksotik ini memiliki panjang mencapai 9 km, dan 1,6 km di antaranya dialiri sungai bawah tanah. Uniknya, suara air yang mengalir mengeluarkan efek suara yang sangat misterius. Son Doong Cave terhubung dengan 150 gua yang lainnya. Tak hanya itu, lubang besar yang ada di gua ini memunculkan efek skylight yang sangat indah.

Salah satu perusahaan wisata bernama Oxalis kini menjadi pengelola gua ini. Untuk bisa menjamahi keindahan gua, Oxalis memberikan tarif yang fantastis, yakni $ 3 ribu untuk ssatu kali kunjungan selama satu setengah hari petualangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini