Sukses

Ini Alasan Kenapa Orang Korea Begitu Mudah Menangis

Banyak orang bertanya-tanya kenapa orang Korea mudah keluar air mata.

Liputan6.com, Jakarta Kalau Anda menonton film atau drama Korea Selatan, mungkin Anda akan bertanya-tanya kenapa di film atau drama begitu banyak adegan menangis? Apakah memang dalam kehidupan sebenarnya orang Korea begitu mudah menangis?

Ya, kenyataannya memang orang Korea begitu sering menangis. Profesor Seong-Kon Kim, PhD memberikan penjelasan yang mengejutkan kepada peserta The 2nd ASEAN-ROK (Republic of Korea), Next Generation Opinion Leaders Program. Sebuah program dari Korea Foundation selama 15-21 Nopember 2015 yang diikuti perwakilan jurnalis dari 10 negara ASEAN.

Drama Korea (Foto: MBC)

Profesor Seong-Kon sampai perlu menjelaskan dalam satu slide mengenai pertanyaan banyak orang asing kenapa orang Korea mudah keluar air mata.

 


"Ini menjadi pertanyaan banyak orang asing. Kalau Anda melihat drama Korea banyak menangis memang seperti itulah. Orang Korea tidak hanya menangis saat sedih tapi juga saat bahagia," ujar mantan dekan di Seoul National University tersebut.

Menangis bukan hanya karena merindukan keluarga, ingat orangtua atau anak, mengingat pengorbanan yang sudah dilakukan atau mengalami musibah.



Orang Korea akan menangis ketika bahagia, waktu lulus sekolah bahkan upacara penghargaan, saat yang seharusnya orang tersenyum cerah bukan menangis. Tapi tidak ada yang salah dengan budaya menangis orang Korea yang menurut Profesor Seong-Kon orang Korea memang mudah tergugah emosinya dan gampang iba.

Drama Korea (Foto: SBS)
Kerasnya kehidupan di Korea dengan iklim yang ekstrem, dan sisa dijajah Jepang selama 35 tahun serta perang saudara dengan Korea Utara (1950-1953) membuat orang Korea begitu dekat dengan tangisan.

Drama Korea (Foto: SBS)
Sang profesor mengatakan ketika burung bernyanyi orang Korea mengatakannya burung menangis, lonceng berbunyi dikatakannya lonceng menangis sampa bunyi derasnya aliran sungai disebutnya bunyi sungai menangis.

"Mungkin tidak ada negara yang mengalahkan Korea dalam menangis. Sepertinya ada yang salah di aliran air mata orang Korea," kelakar Profesor Seong-Kon yang disambut gelak tawa peserta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.