Sukses

Jauhi Perilaku Ini, Jika Ingin Sukses Kelola Keuangan

Berikut ini beberapa perilaku yang bisa bikin Anda sulit mengelola keuangan pribadi.

Liputan6.com, Jakarta Berhemat dan menabung memang bukan usaha yang mudah. Tidak sedikit orang yang sudah berusaha menabung, namun gagal di tengah perjalanan. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, mulai dari sulitnya mengatur keuangan hingga gaya hidup yang konsumtif.

Dilansir dari budgeting.about, Selasa (1/12/2015), berikut beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari agar berhasil dalam kelola keuangan.

1. Pembelian yang Impulsif
Pembelian secara impulsif berbicara tentang emosi yang tak terkendalai. Ketika melihat barang yang belum tentu dibutuhkan, tetapi punya nilai estetik dan membelinya tanpa ada pertimbangan, Anda mungkin memiliki sifat impulsif. Kebiasaan tersebut menjadi salah satu faktor mengapa Anda sulit mengelola keuangan sehingga yang terjadi adalah terus menerus boros.

2. Tidak Membuat Anggaran
Salah satu faktor penghambat finansial Anda adalah tidak adanya anggaran untuk mengelola keuangan Anda. Anggaran tersebut dibuat agar Anda menaati batasan pengeluaran sehingga tidak terjadi pemborosan. Menganggarkan keuangan merupakan tugas yang cukup sulit karena Anda harus memprioritaskan kebutuhan dan menyesuaikannya dengan pendapatan atau jumlah uang Anda.

3. Menggunakan Kartu Kredit
Kartu kredit memang dibuat untuk memudahkan Anda saat berbelanja tanpa harus membawa uang tunai. Namun, satu hal yang harus diingat bahwa kartu kredit adalah bentuk utang. Sebagian orang yang lebih suka menggunakan kartu kredit cenderung sulit mengatur keuangan karena tagihan yang dihasilkan bisa membengkak.

4. Malas
Kemalasan bisa jadi sebuah faktor penting mengapa Anda sulit mengatur keuangan. Faktor tersebut dapat mempengaruhi gaya hidup Anda yang menuntut untuk praktis. Enggan dengan hal-hal yang ribet, dan lebih baik membayar ketimbang membuat.

5. Godaan pribadi
Setiap orang mungkin punya sisi nakal dalam kehidupannya dan hal tersebut bisa jadi pemicu sulitnya mengendalikan pengeluaran Anda, seperti berjudi, minum minuman keras, dan merokok. Jika perilaku tersebut tidak dapat Anda kurangi atau hentikan, jangan berharap bisa mengelola keuangan pribadi dengan baik karena banyak kebutuhan yang harus dipenuhi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.