Sukses

Cegah Tertular HIV, Hindari Gaya Hidup Ini

Gaya hidup merupakan faktor yang berperan menentukan tertular atau tidaknya Anda dengan HIV, virus yang menyebabkan kondisi AIDS.

Liputan6.com, Jakarta Hari acquired immunodeficiency virus (AIDS) Sedunia yang jatuh setiap 1 Desember mengingatkan kita kembali akan bahaya kondisi tersebut. Gaya hidup merupakan faktor yang sangat berperan menentukan tertular atau tidaknya Anda dengan human immunodeficiency virus (HIV), virus yang menyebabkan kondisi AIDS tersebut.

Untuk diketahui, AIDS merupakan kondisi ketika tubuh kesulitan untuk melawan infeksi atau penyakit lainnya. Dengan kata lain, AIDS bukanlah penyakit melainkan kondisi yang memperburuk daya tahan tubuh sehingga pengidapnya pun bisa meninggal karena penyakit lainnya.

Dilansir dari WebMD, Selasa (1/12/2015), ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko Anda tertular HIV. Anda mungkin tidak dapat menghilangkan semua faktor risiko, tetapi ada yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko Anda tertular HIV.

Beberapa perilaku dapat meningkatkan risiko HIV, berikut di antaranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Berhubungan seksual

1. Berhubungan seksual tanpa pengaman dengan orang yang terinfeksi HIV atau orang yang belum Anda ketahui status HIV-nya.

Fantasi seks memang seksi, namun bisa berhasil mewujudkan fantasi seks Anda tentunya akan lebih seksi lagi.

3 dari 6 halaman

Banyak pasangan

2. Memiliki banyak pasangan seksual. Anda kerap berganti-ganti pasangan untuk berhubungan seksual.

Kalau hubungan memang lagi jenuh tapi gak bisa putus, selingkuh memang sering jadi solusi. Ini tipsnya biar gak ketahuan.

4 dari 6 halaman

Berhubungan seksual dengan pekerja seks

3. Berhubungan seksual dengan pekerja seks atau pecandu narkoba suntik.

Ilustrasi PSK di lokalisasi. (Istimewa)

5 dari 6 halaman

Berbagai jarum suntik

4. Berbagi jarum suntik, atau benda apapun yang disuntikkan ke tubuh dengan orang yang terinfeksi HIV.

Jarum suntik heroin bekas para pecandu narkoba tertancap pada pohon pisang di Hanoi ,Vietnam, Selasa (1/12). Sejak 2005  remaja di Asia Pasifik meninggal karena AIDS meningkat dua kali lipat.  (REUTERS/Kham)

6 dari 6 halaman

Tidak steril

5. Menggunakan jarum untuk memasak piercing atau tato yang tidak steril. Sebuah tindakan medis yang tidak steril dapat meningkatkan risiko Anda tertular HIV, tetapi ini jenis penularan yang jarang terjadi.

Bikin ngakak! Cowok di Thailand ini padahal punya tato tapi nangis kejer saat mau disuntik, huahahaha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.