Sukses

Pendopo Garut Berpotensi Jadi Destinasi Wisata Sejarah

Pemkab Jabar akan memugar bangunan Pendopo Garut yang memiliki nilai sejarah.

Liputan6.com, Garut Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, segera memugar bangunan Pendopo Garut agar dapat terlihat lebih menarik dan menjadi destinasi baru objek wisata sejarah di kota itu.

"Pendopo Kabupaten Garut bisa juga dijadikan sebagai objek pariwisata baru di Kabupaten Garut," kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan, Rabu (25/11/2015).

Lebih jauh Rudy menuturkan, Pemerintah Kabupaten Garut telah merencanakan pemugaran kembali Pendopo Garut sesuai Kerajaan Sunda terdahulu dengan bahan hampir keseluruhannya menggunakan kayu cendana.

Pemugaran itu, kata Rudy, terinspirasi dari Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk menjadikan kota yang mengagumkan.

"Yang membuatnya nanti adalah orang yang biasa disuruh oleh keluarga Pak Harto (mantan Presiden Indonesia Seoharto) sehingga diharapkan Pendopo ini akan bagus hasilnya," katanya.

Ia mengungkapkan, "digital engineering design"-nya untuk bangunan pendopo tersebut sudah dibuat dengan dana kurang lebih Rp 40 juta.

Terkait besaran anggaran untuk pemugaran itu, kata Rudy, membutuhkan sekitar Rp7 miliar dengan terlebih dahulu mendapat persetujuan DPRD Garut.

"Pembangunan Pendopo ini melalui izin dari DPRD, diharapkan setelah ada persetujuan dari DPRD ini pembangunan bisa dilaksanakan," katanya.

Rudy menambahkan Pendopo Garut dibangun di lahan seluas 1 hektare dengan konsep sesuai Kerajaan Garut dahulu, berikut ada lambang Garut di bagian puncak bangunan utama.

"Nantinya akan dibangun juga kereta kencana yang diukir sedemikian rupa sehingga memiliki nilai seni yang tinggi," katanya.

Sumber: Antara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini