Sukses

Indahnya Suasana Biru Syahdu di Pantai Nipah

Pantai Nipah merupakan pantai menawan di Lombok yang terbentuk dari batuan vulkanik.

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 20 km ke arah barat dari pusat Kota Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, terdapat pantai bernuansa biru dengan panorama alam yang sungguh memesona. Masyarakat menyebutnya dengan Pantai Nipah.

Suryadi, pemandu wisata dari Himpunan Pramuwisata Indonesia chapter Lombok kepada Liputan6.com, Senin (16/11/2015) mengtatakan, “Pantai Nipah berbentuk teluk, bagian utara dan selatannya dibatasi Tanjung Blambanan dan Tanjung Serombong. Pantai ini memang menjadi tempat pemberhentian sebalum wisatawan melanjutkan perjalanannya sampai ke Gili.”

Lebih jauh Suryadi menjelaskan, Pantai Nipah merupakan pantai vulkanik yang terbentuk oleh bibir pantainya terbentuk oleh batuan vulkanik formasi kalibabak, yang diperkirakan telah berumur lebih dari 1,6 juta tahun.

Pantai Nipah merupakan pantai menawan di Lombok yang terbentuk dari batuan vulkanik.

Proses abrasi yang dialami Pantai Nipah menjadikan Tanjung Serombong terpotong dan menghasilkan bukit kecil menyerupai candi, yang letaknya terpisah dari daratan induk Pantai Nipah.

Selain itu, proses abrasi juga menyebabkan terbentuknya lubang atau lorong yang memotong Tanjung Serombong. Masyarakat sekitar Lombok menyebutnya dengan nama Batubolong.

Pantai Nipah mempunyai pasir yang putih. Pasir ini terbentuk dari material batu gamping terumbu karang yang terabrasi. Siang hari merupakan saat yang tepat untuk menyaksikan keindahan Pantai Nipah. Pasalnya saat siang hari air Pantai Nipah akan terlihat menawan dengan nuansa warna biru yang syahdu. (Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini